Berikut! 5 Buah Penambah Darah Untuk Menghindari Berbagai Gejala

Jika sel darah merah dalam tubuh terlalu sedikit maka hal tersebut akan menyebabkan nutrisi dan oksigen jadi terganggu untuk masuk ke dalam tubuh.

Kekurangan sel darah merah juga dapat menyebabkan berbagai gejala. Yakni anemia, sakit kepala, kelelahan, tangan dan kaki dindin, kulit di seluruh tubuh pucat, dan sesak nafas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka cukupilah nutrisi yaang diperlukan oleh tubuh sehingga dapat membentuk sel darah merah.

Nutrisi yang diperlukan bukan hanya sayuran dan daging saja, melainkan buah-buahan.

Nutrisi yang Diperlukan untuk Menambah Darah

Anemia merupakan masalah yang dianggap umum karena telah dialami banyak orang. Gejala seperti ini kebanyakan terjadi dalam tingkat ringan dan dalam waktu singkat. Tetapi ada juga gejala anemia yang tak dapat diobati.

Oleh karena itu, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang dapat menambah darah. Adapun nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita yaitu:

  • Vitamin A
  • Vitamin B12
  • Tembaga
  • Asam folat

Macam-Macam Buah Penambah Darah

Kebanyakan orang mengira bahwa danging dan sayuran saja yang dapat bantu menambahkan dan meningkatkan produksi sel darah merah.

Ternyata tidak, tak hanya daging dan sayuran saja yang dapat menambah sel darah merah. Buah-buahanpun dapat digunakan untuk menambah sel darah merah, karena mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menambah sel darah merah.

Bingung buah untuk menambah darah? Berikut buah penambah darah untuk mencegah berbagai gejala.

1. Buah Semangka

Buah Semangka
Image source: pexels.com

Buah semangka mengandung zat besi yang tinggi. Perbedaan buah ini dengan buah penambah darah lainnya adalah buah ini bisa dikonsumsi secara langsung dalam kondisi segar. Bisa juga digunakan untuk menyegarkan tubuh yaitu memakannya pada siang hari.

Sepotong dari buah semangka ini memberikan 1,5 gram zat besi. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin C, vitamin tersebut akan memudahkan kamu dalam proses penyerapan zat besi yang terdapat dalam tubuh.

Jika kamu mengkonsumsinya secara rutin, maka kamu akan mendapatkan manfaatnya.

2. Buah Stroberi

Buah Stroberi
Image source: pexels.com

Sroberi atau yang dikenal buah yang difavoritkan oleh para kaum wanita ini ternyata dapat bantu untuk menambah darah. Sebab, kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sel darah merah.

Selain untuk menambah sel darah merah, buah stroberi juga dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang dikarenakan radikal bebas.

3. Buah Anggur

Buah Anggur
Image source: pexels.com

Salah satu buah penambah darah yang mengandung asam folat adalah buah anggur, karena mengandung 21 mcg asam folat per gelas. Selain itu anggur juga mengandung vitamin A yang dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah.

Baca juga: 15 Kerajinan yang Terbuat dari Kardus

Biar bentuknya kecil, tetapi manfaatnya besar ya guys.

4. Buah Jeruk

Buah Jeruk
Image source: pexels.com

Salah satu buah yang mengandung asam folat yang tinggi ialah buah jeruk. Buah ini disebut sebagai buah penambah darah karena asam folat yang dikandungnya tinggi sehingga dapat bantu memproduksi sel darah merah yang baru.

Menurut USDA National Database for Standard Reference. Dalam segelasnya, jeruk mengandung asam folat sebesar 31,5 mcg.

Manfaat lainnya yaitu dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, karena tingginya kadar vitamin C yang dikandung oleh buah jeruk ini.

5. Menambahkan Kismis

Menambahkan Kismis
Image source: pexels.com

Kismis atau buah kering ini juga dapat membantu kamu dalam menambah darah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang dikandung oleh kismis. Setiap ²⁄3 gelas kismis mengandung 2 gram zat besi.

kamu juga dapat menikmati buah ini dengan berbagai macam cara seperti ditambahkan ke roti, sereal, kue, atau lainnya. Dengan cara ini pasti kamu bisa mendapatkan sumber zat besi dari buah kismis.

Sekian dulu, sampai jumpa.

Yakin Ngga Mau Komen?