Cara Membuat Bingkai Foto

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan bingkai foto atau yang biasa disebut dengan pigura, apalagi kalau bukan sebuah dekoratif yang digunakan untuk memasang lukisan, gambar, dan foto. Bingkai foto memiliki bentuk dan desain yang sangat beragam, selain itu bingkai foto juga bisa dibuat dari bermacam-macam bahan.

Kebanyakan seseorang menggunakan bingkai fotonya untuk menaruh sebuah karya seni, foto keluarga, foto sarjana, dan lain sebagainya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut di bawah ini cara membuat bingkai foto yang unik dan kretaif.

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

Kalau kamu merupakan seorang yang sering membeli bingkai foto dengan model seperti biasanya, maka sekarang kamu bisa coba untuk membuat bingkai foto dari kardus.

Sudah pasti bingkai foto dari kardus yang kamu buat akan terlihat lebih unik dan menarik. Langsung saja yuk simak alat, bahan, dan cara membuatnya.

1. Siapkan Terlebih Dahulu Alat dan Bahannya

cara membuat bingkai foto dari kardus
momontimeout.com

Sebelum membuat bingkai tentu kamu harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Untuk bahan utamanya kardus, bisa menggunakan kardus bekas mie instan, sereal, atau susu.

Jika kamu pengen hasil bingkai yang maksimal, maka disarankan menggunakan kardus yang tebal dan masih baru.

Untuk alatnya kamu bisa menyiapkan alat pemotong (Cutter), spidol, penggaris, lem, dan kalau mau tambahkan hiasan seperti manik-manik atau lainnya.

Baca Juga15+ Kerajinan dari Bambu Paling Unik dan Mudah Dibuat

2. Memotong dan Mengukur Kardus

cara membuat bingkai foto dari kardus
smansaxmia5kel3.blogspot.com

Kalau semua alat dan bahan sudah kamu siapkan, saatnya kamu lakukan langkah pertama. Ambil kardus yang akan digunakan lalau potong, ukuran sesuai dengan foto atau gambar yang kamu punya.

Untuk saran kamu bisa membuatnya antar ukuran 15×20 cm dan 13×18 cm, tergantung dengan ukuran foto yang akan kamu beri bingkai.

Sebagai contoh kamu ingin membuat bingkai dengan ukuran 13×18 cm dan lebar bingakainya 5 cm. Maka kamu harus menambahkan 5 cm lagi dari ukuran semulanya. Maka total ukuran kardus yang kamu butuhkan yaitu 18×23 cm.

3. Buat Lubang Bingkai Untuk Foto

cara membuat bingkai foto dari kardus
makeiteasycrafts.com

Jika kamu sudah membuat ukuran kardus yang sesuai, maka selanjutya kamu lubangi bagian tengah kardus sesuai dengan ukuran foto yang akan diberi bingkai.

Baca Juga4 Penjelasan Mengenai Bambu Petuk yang Dipercaya Bisa Bikin Kaya

Untuk ukuran lubangnya kamu cukup tempelkan foto ke kardus yang sudah dipotong, lalu coreti dengan spidol sesuai dengan garis foto, dan potong mengikuti garis foto yang telah dibuat.

4. Membuat Garis Dalam bingkai

cara membuat bingkai foto dari kardus
instructables.com

Tujuan pemberian garis dalam bingkai atau yang biasa disebut dengan inner linner ini supaya hasil dari bingkai lebih bagus dan rapi.

Cara membuatnya, ambil kertas yang agak tebal seperti kertas karton, untuk warna kertas disarankan putih atau hitam. Ukurannya sesuai dengan bingkai yang telah dibuat. Kemudian lubangnya lebih kecil dari ukuran bingkai kardus tadi.

5. Menghias Bingkai

cara membuat bingkai foto dari kardus
dettiku.com

Dalam langkah kelima kamu terserah dan bebas memikirkan hal apa yang bagus untuk menghias bingkai. Kalau saran saya, kamu bisa menambahkan pita, cat akrilik, dan manik-manik.

6. Membuat Bagian Belakang Bingkai

cara membuat bingkai foto dari kardus
hans-blog12.blogspot.co.id

Bagian belakang bingkai dibuat sama seperti bagian depan bingkai, namun tak dilubangi. Membuat bagian belakangnya bisa menggunakan kertas tebal atau karton.

Cara membuat bagian belakang bingkai yaitu dengan memotong kardus yang ukurannya sama dengan bingkai bagian depan. Beri lem di setiap sudutnya dan satukan semua bagian bingkai termasuk inner liner dan foto.

Agar foto nggak mudah rusak, bisa juga dilapisi dengan plastik transparan di setiap bagian bingkainya. Lebih ringkasnya bagian luar, inner, liner, plastik transparan, foto, dan terakhir bagian belakang bingkai.

7. Membuat Penyangga Bingkai

cara membuat bingkai foto dari kardus
newlifenewpurpose.wordpress.com

Membuat bingkai foto tentu untuk dipajang, maka dari itu kamu harus membuat penyangga agar nantinya foto kamu bisa berdiri.

Ambil kardus yang agak tebal, jika kurang tebal bisa dilapisi kardus lagi. Potong kardus dengan bentuk seperti dasi seperti gambar di atas. Lalu tempelkan di bagian belakang bingkai dan bingkai dari kardus sudah jadi.

Baca Juga19+ Miniatur dari Bambu Tiga Dimensi Paling Keren dan Unik

Cara Membuat Bingkai Foto dari Sedotan

Cara Membuat Bingkai Foto dari Koran

Cara Membuat Bingkai Foto dari Stik Es Krim

Cara Membuat Bingkai Foto dari Bambu

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kertas Hvs

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kulit Kerang

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kayu

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kertas Origami

Cara Membuat Bingkai Foto dari Barang Bekas

Cara Membuat Bingkai Foto dari Bubur Kertas

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kertas Karton

Penutup

Yakin Ngga Mau Komen?