10 Jajanan Singkong yang Enak dan Mudah Didapatkan

Jajanan Singkong – Singkong bisa kita temui di sekitar rumah maupun di pasaran yang dijual dengan harga murah. Karena banyak dan murahnya singkong di Indonesia sehingga terdapat beranekaragam olahan singkong tersebut. Biasanya olahan dari singkong ini sering dijual di pasar yang rasanya sungguh enak.

Langsung saja, pada artikel kali ini saya akan membahas 10 jajanan singkong yang rasanya enak dan mudah didapatkan dimana-mana.

1. Gethuk

Gethuk
hariesdesign.com

Pertama ada gethuk, gethuk merupakan jajanan yang populer di masyarakat provinsi Jawa Tengah, bahkan terdapat juga lagunya lho. Bunyi lagu tersebut ” Gethuk asale telo, moto ngantuk iku tambane opo…”, Unik bukan. Gimana tuh? udah pernah coba gethuk belum?.

2. Tape

Tape
daherba.com

Tape yaitu hasil dari fermentasi singkong yang ditabur dengan ragi. Jajanan satu singkong yang satu ini cukup terkenal, biasanya sering dijuall di pasaran dan pedagang keliling.

3. Oncom

Oncom
klikhotel.com

Oncom atau jajanan singkong yang disebut dengan combro ini sangat terkenal dan populer di provinsi Jawa Barat. Pada saat menikmati combro, anda akan merasakan paduan yang varian, yaitu pedas, asin, dan gurih. Saat mampir di Jawa Barat, jangan lupa untuk mencicipinya ya.

4. Rondo Royal

Rondo Royal
bacaresepdulu.com

Rondo yang dimaksud bukan janda lho ya. Rondo royal merupakan tape jenis peuyeum yang di selimuti dengan tepung beras lalu digoreng. Jajanan ini sangat terkenal di Jepara (Jawa Tengah).

5. Cemplon

Cemplon
masakandapurku.com

kalau combro rasanya pedas asin gurih, sedangkan cemplon rasanya manis karena isinya merupakan gula aren. Enaknya dimakan ketika masih hangat. jajanan ini enak dan mudah dijumpai di pasaran.

6. Kolak singkong

kolak singkong
agrowindo.com

Biasanya kalau berbuka puasa pasti dong anda pernah menikmati kolak singkong ini. Kebanyakan singkong dibuat dengan buah nangka atau pisang, tetapi kolak yang satu ini juga enak lho. Selain enak, kolak ini mudah dibuat seperti kolak pada umumya, bedanya karena terbuat dari singkong saja.

7. Timus

Timus
budaya-indonesia.org

Timus yaitu jajanan yang terbuat dari parutan singkong dan dipadukan dengan gula aren dan kelapa. Cocok dimakan ketika masih hangat bersama teh.

8. Warna-warni cenil bertabur parutan kelapa nan manis

Cenil
budaya-indonesia.org

Jajanan ini biasanya ditabur dengan parutan kelapa dan disiram dengan cairan yang terbuat dari gula aren. Sering disebut dengan cenil atau klanting. kalau di tempat anda namanya apa tuh? komen di bawah ya.

9. Sawut Singkong

Sawut Singkong
resepdanmasakan.com

Dibuat dari singkong yang diparut kasar sehingga menghasilkan tekstur sawut (seperti serabut). Biasanya jajanan singkong ini ditambahkan dengan parutan kelapa.

10. Ongol-ongol singkong

Ongol-ongol singkong
dapurkunyil.com

Terakhir ada ongol-ongol singkong, merupakan jajanan yang berwarna-warni dan ditusuk layaknya seperti sate. Dengan tusukan seperti satelah yang membedakannya dengan cenil. Sama seperti ceni, disajikan dengan taburan kelapa parut dan

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga: 11 Jajanan Khas Bandung yang Terkenal Muaknyusz Rasanya

Yakin Ngga Mau Komen?