11+ Jenis Bambu Paling Unik dan Langka Beserta Gambarnya

Salah satu jenis pohon yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi kehidupan sehari-hari ialah bambu. Mulai dari daun, tunas, hingga akar bisa digunakan untuk kebutuhan harian kita.

Misalnya tunas bambu yang masih muda (Istilah Jawanya pring nom) bisa dimasak untuk dijadikan lauk makan, daunnya yang dapat digunakan untuk makanan hewan herbivora, dan akarnya dapat digunakan sebagai bara api namun harus dikeringkan dulu.

Di negara kita Indonesia menyimpan banyak sekali jenis bambu yang terdapat diberbagai provinsi dan daerah, ada yang sengaja ditanam dan ada juga yang tumbuh secara liar.

Pengertian Bambu

Bambu merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak rogga dan ruas disetiap batangnya. Ternyata bambu juga memiliki banyak tipe dan jenis, ada juga yang khusus digunakan untuk kerajinan dari bambu. Penyebutan bambu berbeda-beda tiap daerah seperti pring, eru, bulur, dan aur.

Pohon bambu termasuk dalam rekor pertumbuhan tercepat, hanya dalam seharinya bisa tumbuh hingga 60 cm bahkan lebih. Hal tersebut dikarenakan bambu memiliki sistem yang sangat unik, yakni rhizoma dependen.

Jenis Bambu Unik dan Langka Beserta Gambarnya


1. Bambu Pethuk

Bambu petuk, bambu pethuk
site.google.com

Sebagian besar orang tentu sudah mengetahui tentang keberadaan bambu pethuk. Bambu pethuk atau yang biasa disebut pring pethuk ini dipercaya memiliki kekuatan magis yang tersembunyi.

Dalam istilah Jawa pethuk berarti ketemuan/saling bertemu, maksud tersebut yaitu bambu yang tunasnya saling bertemu atau masing-msing ruasnya berhadapan.

Menurut salah satu pakar mengatakan bahwa bambu pethuk memiliki energi yang istimewa jika dibandingkan dengan bambu lainnya. Konon katanya, bambu pethuk bisa digunakan sebagai sarana melancarkan rezeki, sarana pelarisan usaha, dan menarik kekayaan.

Baca Juga:  Penjelasan Mengenai Bambu Petuk yang Dipercaya Bisa Bikin Kaya

2. Bambusa Arundinacea wild (Original)

pring ori
www.bagi-in.com

Bambu jenis Bambusa Arundinacea Wild memiliki ciri batangnya tak lurus, batangnya berwarna hijau namun akan pudar jadi kecoklatan saat kekeringan. Tunasnya yang muda memiliki warna ungu yang sangat pekat dan disetiap batangnya terdapat batang berduri.

Hati-hati ya, batangnya yang berduri jangan dipegang karena bisa membuat tangan jadi gatal-gatal.

3. Dendrocalamus Giganteus (Bambu sembilang)

Bambu jenis giganteus
www.bagi-in.com

Merupakan salah satu jenis bambu terbesar di dunia, selain besar bambu ini juga disebut sebagai bambu naga. Biasanya bambu jenis ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis kawasan Asia Tenggara.

Bambu naga memiliki ukuran yang lumayan tinggi dan besar, ketinggiannya bisa mencapai 35 m bahkan lebih. Habitatnya bisa kita temukan di berbagai negara kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, dan Myanmar.

Mempunyai ciri yaitu batangnya yang berwarna hijau keabu-abuan, tunas berwarna ungu kehitaman, dan tiap ruasnya berdiameter 10-35cm dan panjang 25-40cm.

Baca Juga19+ Miniatur dari Bambu Tiga Dimensi Paling Keren dan Unik

4. Dencrocalamus Asper (Bambu betung)

bambu jenis asper
www.bagi-in.com

Bambu ini sering dijuluki sebagai bambu raksaksa. Sama seperti Bambu Sembilang, berhabitat di daerah tropis dan subtropis kawasan Asia Tenggara. Masyarakat sering memanfaatkan tunasnya untuk dikonsumsi dan pohonnya sebagai bahan bangunan.

Warnanya hijau keabuan-abuan dan menjadi coklat kering saat musim panas. Bambu betung memiliki panjang 25-60 cm dan batangnya berdiameter 5-15 cm.

5. Bambusa Tuldoides (Haur hejo)

bambu jenis tuldoides
www.bagi-in.com

Bambu jenis ini merupakan spesies asli dari Guangdong, yakni China. Bambu tuldoides adalah spesies bambu dari subfamili bambusoideae.

Walaupun dan bagaimanapun kondisinya, bambu ini bisa tumbuh hingga 19 m bahkan lebih, tergantung pada tempat dan beberapa faktor lain. Terdapat juga beberapa negara yang menyebut pohon bambu jenis ini dengan tanaman bonsai.

6. Bambusa Vulgaris (Bambu ampel)

bambu jenis vulgaris
www.bagi-in.com

Dari semua pembahasan bambu di atas, menurut saya bambu ampel yang paling mudah dikenal dan diingat. Bambu ini memiliki batang yang berwarna kuning lemon dengan garis ruas hijau dan daun yang hijau agak kehitaman.

Bambu ampel merupakan spesies IndoChina tepatnya berada di provinsi Yunnan di China. Banyak negara yang membudidayakan bambu jenis ini, salah satunya yaitu Indonesia.

7. Jenis Bambu Japonica

jenis bambu japonica
www.bagi-in.com

Arundinaria Japonica merupakan bambu asal Jepang yang memiliki batang berwarna kuning agak kecoklatam dan bentuk daun mirip palm. Bambu ini adalah bambu yang apabila habitatnya di daerah dingin dan berada di tempat teduh di bawah sninar matahari maka akan tumbuh dengan baik dan cepat.

8. Bambusa Tulda

bambu jenis tulda
www.bagi-in.com

Bambu jenis ini sering disebut dengan bambu india. Pertamakali ditemukan dibeberapa negara seperti Yunnan, Indochina, Tibet, dan India. Di India bambu ini lebih sering digunakan sebagai bahan baku untuk industri kertas.

Pohon bambu ini bisa tumbuh dengan ketinggian hingga 15 m dan diameter 8 cm. Pada waktu masih muda bambu ini berwarna hijau, dan lama-kelamaan akan berubah jadi abu-abu. Untuk percabangan dari bambu ini dimulai dari bawah ke atas.

9. Bambusa Atra Lindi

bambu jenis atra lindi
www.bagi-in.com

Saat masih muda batang dari bambu ini berwarna hijau kehitaman dan jika sudah tua akan menjadi hijau kekuningan. Bambu ini memiliki panjang ruas 66-80 cm dan diameter 3-5 cm.

10. Bambusa Polymorpha

bambu jenis polymorpha
www.bagi-in.com

Bambu jenis Polymorpha memiliki ciri batang yang berwarna hijau yang tertutup dengan selubungnya yang berwarna coklat keputihan.

Namun saat kekeringan selubung yang menutupi batang bambu tersebut akan berubah jadi kecoklatan. Percabangan dari bambu ini dimulai dari pertengahan batang terus ke atas.

11. Bambusa Blumeana

bambu jenis blumeana
www.bagi-in.com

Bambusa Blumeana merupakan bambu yang penuh dengan duri-duri tajam di sekitar batang dan rantingnya. Orang Jawa sering menyebut bambu ini dengan sebutan pring gesing, sedangkan orang sunda Sunda menyebutnya haur cucuk.

Ciri penampilan dari bambu ini yaitu tiap panjang ruasnya berukuran 25-35 cm dengan diameter 10-25 cm. Habitatnya pun bermacam-macam, yaitu daerah lembab kering seperti sungai, dan lereng bukit.

12. Bambusa Maculata

bambu jenis maculata
www.bagi-in.com

Bambu maculata atau yang biasa disebut dengan bambu tutul ini bisa tumbuh dengan ketinggian 15 m dan diameter 5-8 cm.

Bambu jenis ini sering digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga dan kerajinan tangan. Untuk habitatnya, bambu ini berada di lahan yang tandus dan kering.

13. Bambusa Glaucescens

bambu jenis glaucescens
www.bagi-in.com

Bambusa multiplex atau bambu glaucescens adalah bambu yang berasal dari berbagai provinsi di China (Hainan, Yunnan, Guangdong, Jiangxi, Guangxi, Hunan, Sichuan) dan negara lainnya seperti Indochina bagian utara, Nepal, Taiwan, Sri Lanka, Assam, dan Bhutan.

Bambusa Glaucescens telah dinaturalisasi oleh beberapa negara seperti Madagaskar, Hindia Barat, Alabama, Georgia, Mauritius, Irak, dan florida.

14. Dinochloa Scandens (Bambu cangkroeh)

“Sebelumnya maaf ya, yang ini tidak ada gambarnya”. Bambu cangkroeh memiliki batang yang berwarna hitam dan daun yang berbentuk bulat bagaikan telur. tingginya pernah mencapai 9 m dan lingkar batang 13 mm.

Bonus Kata-Kata Bijak Filosofi Bambu

Setinggi apapun bambu bisa tumbuh, namun tetap ada batasnya. Ada batas ketinggian yang bisa bambu capai, bambu tidak bisa tumbuh terus sampai ratusan meter.

Maksudnya, Setinggi apapun kita mau berusaha, tetaplah ada batasnya nanti kita berusaha. Ada waktu dimana kita sudah cukup untuk semakin lebih tinggi, kita tidak bisa memaksakan diri. Kita hanya manusia, kita memang ada batasnya.

Penutup

Itulah info mengenai beberapa jenis bambu  paling unik dan langka yang tersimpan di dunia ini, mungkin cukup sekian dulu, mohon maaf apabila ada salah ketik. Sekian dan terimakasih.

Yakin Ngga Mau Komen?