9 Jenis Lovebird dengan Kicauan Merdu dan Warna Bulu yang Sangat Indah

Lovebird adalah burung yang berasal dari Negara Afrika yang terkenal karena memiliki beranekaragam jenis. Jenis lovebird tersebut antara lain: dark green, dacokan, dan sebagainya. Kenapa burung ini dinamakan lovebird? karena apabila dua burung dimasukkan dalam satu kandang maka akan saling berdekatan.

Bagi anda semua pecinta burung, pasti mempunyai keinginan untuk mengoleksi spesies yang satu ini. Sebelum mengoleksi, perlu anda ketahui dahulu jenis lovebird apakah yang ingin dibeli. Apasajakah jenisnya? Berikut ini 8 jenis lovebird yang memiliki kicauan merdu dan cara merawatnya.

1. Lovebird Euwing (Terbaru)

Image source: burungnya.com

Lovebird yang satu ini pertamakali ditemukan pada tahun 2004 lalu oleh seorang penangkar burung asal Belanda yaitu Piet Perhijde. Euwing merupakan hasil perkawinan antara lovebird hijau (josan) dan Lutino Fischeri.

Apakah alasan dinamakannya euwing? karena euwing sendiri merupakan singkatan dari Eumelamin dan Wing yang bermaknanya “sayap”. Jadi, hal unik dari Lovebird Euwingini pada warna sayapnya yang bercorak hitam dan kuning.

Mau beli? harga Lovebird Euwing bisa  sekitar 1,5 juta hingga 2 jutaan.

2. Lovebird Biola

Image source: burungnya.com

Salah satu lovebird yang harganya mahal dan peminatnya banyak yaitu Lovebird Biola. Mahalnya harga Lovebird karena langka atau sulit ditemukan.

Seperti kisah yang dialami Om Lalang, pemilik BF (Pecox Bird Farm) asal Surabaya. Dua tahun lalu, dia menjual 20 pasang indukan Lovebird Biola dan Parblue dengan harga 450 juta. Kesimpulannya, setiap pasang Lovebird dijual sekita 22,5 juta.

Harganya memang tak biasa. Jika ingin membelinya , belilah dengan harga standar yang dijual 5,5 juta. Jika warnanya agak unik dan eksotis, maka menjadi Rp 7,5 juta.

3. Dakocan

Image source: burungnya.com

Jenis dacokan ada lima, yaitu dakocan biru, ungu, hijau, dan semi. Lovebird yang memilki nama latin Agapornis Personatus ini lebih dikenal Masked Lovebird atau Lovebird bertopeng. Sebab, muka Lovebird Dakocan berwarna gelap dan nampak seperti bertopeng.

Dakocan ini berasal dari dataran tinggi yang pedalaman utara dan tengah Tanzania. Lovebird ini sudah di tahun 1800-an. Kemudian, untuk harganya mencapai 250 – 400 ribu.

4. Lovebird Violet

Image source: burungnya.com

Lovebird Violet merupakan salah satu jenis lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Untuk mencetak mutasi warna Lovebird jenis Violet, caranya salah satu indukan harus jenis lovebird violet, baik itu jantan atau betina.

Ciri-cir violet memiliki warna bulu biru agak keunguan (violet). Warna bulu itu terdapar di ujung sayap yang bewarna hitam. Jika dibagian prut lovebird warna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh pucat.

Bukan itu saja, lovebird violet memiliki jenis warna lain yang disebut dengan pastel violet. Warna bulu jenis violet ini putih, namun terdapat warna pastel violet di sekitar sayap dan punggungnya. Harganya tergantung usia dan penjualnya dari daerah mana, mulai dari 400 rb – 800 rb,.

5. Lovebird Australian Cinnamon

Image source: burungnya.com

Lovebird jenis Australian Cinnamon mirip seperti Lovebird Pastel, karena warna bulunya yang sama kalemnya. Namun, jika keduanyanya disamakan, maka yang paling terlihat kalem adalah Lovebird Australian Cinnamon.

Awalnya, hampir keseluruhan warna tubuh jenis ini nampak lebih muda dari warna bulu Lovebird yang lain. Jika dilihat dari jarak jauh, maka varian warna dari lovebird tidak akan terlihat atau hanya terlihat putih saja.

6. Lovebird Halfsider

Image source: burungnya.com

Jenis yang satu ini sangat langka dan tidak mudah untuk dikembangbiakkan. Lovebird jenis ini mempunyai campuran warna yang unik, setengah kuning dan setengahnya lagi putih. Maka, jika dilihat dari samping akan terlihat seperti ada dua ekor burung dalam satu sangkar.

Harganya nggak usah ditanya lagi, lovebird ini dibandrol dengan harga sekitar 750 rb, atau 20 kali lipat harganya jika dibandingkan dengan lovebird biasa.

Warna Lovebird Halfsider tak selalu sama, hal tersebut tergantung indukannya. Kebanyakan peternak sangat sulit mengembangbiakkan, karena biasanya jenis ini terdapat secara tidak sengaja.

7. Lovebird Parblue

Image source: burungnya.com

Sebagain besar orang tak mengetahui, bahwa Lovebird Parblue adalah akronim dari kata Partial Blue (sebagian biru). Maknanya Lovebird ini mempunyai warna bulu biru pada bagian bawah dan putih bagian atas. Namun, terkadangwarna kepalanya berubah kuning, putih, dan orange.

Orang yang pertamakali menumakan Lovebird adalah Felix de Valle asal Amerika. Kemudian dikembangkan ke daratan Eropa dan ke Indonesia. Jenis Lovebird Parblue yang paling popular adalah Lovebird Persotana Parblue dan Lovebird Fischer Parblue.

Lovebird ini dijual sekitar 30 jutaan. Terakhir, jika anda ingin Lovebird Parblue Personata, Anda bisa mengawinkan Lovebird Batman dan Lovebird Parblue.

8. Lovebird Olive

Image source: burungnya.com

Perlu diketahui, walaupun jenis yang ini warnanya hijau, tetapi bukan lovebird Ijo ataupun lovebird sayur. Lovebird Olive merupakan salah satu dari tiga jenis Lovebird warna hijau. Lovebird warna hijau ada tiga jenisnya, yaitu Hijau standard , hijau tua, dan warna dari lovebird Olive.

Jadi, kalau Anda menjumpai Lovebird warna hijau tua, maka itu adalah lovebird olive. Baagian yang berwarna hijau tidak menyelimuti seluruh tubunya, tetapi di dada, sayap, punggung, dan ekornya saja. Ada juga yang memiliki kepala berwarna pink dan oren.

9. Lovebird Cobalt

Image source: burungnya.com

Biasanya seseorang membeli lovebird tergantung dengan warnanya, sehingga Lovebird Cobalt lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan Lovebird warna niru. Karena, hampir semua bagian tubuhnya berwarna biru telur asin. Hanya bagian kepala sampai leher saja yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung lain yang mirip dengan Lovebird Cobalt, yaitu lovebird biru violet

Cobalt dan violet sama-sama memiliki bulu warna biru, sedangkan perbadaannya yaitu bagian kepalanya berwarna hitam lengkap dengan kaca mata yang indah. Terakhir bagian leher dan dada Lovebird Biru Violet biasanya berwarna putih.

Sekian dulu semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca juga: Cara Merawat Lovebird Supaya Menang Dalam Perlombaan Gacor

Yakin Ngga Mau Komen?