17+ Kata kata Bijak Bahasa Minang Beserta Artinya [Terbaru]

Kata kata Bijak Bahasa Minang – Di Indonesia hampir keseluruhannya, suku Minang menjadi salah satu suku yang pastinya banyak kita jumpai belakangan ini. Di manapun dareah dan provinsinya, tentu kamu pernah meilhat rumah makan Padang, itu sebagai bukti.

Tidak hanya rumah makan Padang yang terdapat di berbagai tempat, para penjual misalnya penjual pakaian juga kebanyakan dijual oleh suku Minang.

Tak hanya itu, ternyata suku Minang juga memiliki beberapa pepatah yang konon katanya merupakan kesuksesan finansial mereka. Kan siapa tahu kalau bosque bisa terinspirasi. Penasaran? Monggo langsung disimak bosque kata kata bijak bahasa minang.

1. Belajar dan Mengambil Hikmah Dari Kegagalan

kata kata bahasa minang, kata kata minang

Baraja Ka Nan Manang, Mancontoh Ka Nan Sudah

Artinya: Belajar dari mereka yang sudah sukses dan ambil hikmah dari kegagalan orang lain.

Kata kata ini bisa kamu terapkan apabila ingin sukses secara finansial, apalagi yang merantau. Mau tau bagaimanan caranya? Kamu jangan malu bertanya kepada orang lain untuk mengetahui pengelaman dari orang-orang yang telah sukses.

Setelah kamu bertanya, jadi kamu bisa tuh mengambil suatu keputusan yang akan diambil dan dijalani. Karena suatu kisah dari perjalanan orang yang telah berhasil mencapai targetnya dapat menginspirasi kamu agar nantinya menjadi orang sukses juga.

2. Memikirkan Apa yang Sedang Dijalani

kata kata bahasa minang, kata kata minang

Walau Kaie Nan Dibantuak Ikan Dilauik Nan Diadang

Artinya: Bagaimanapun bentuk kailnya, pasti akan bertamu dengan ikan di laut.

Kata kata bijak ini mengajak setiap orang termasuk kamu untuk memikirkan lebih tentang apa misi dan visi dari suatu pekerjaan yang sedang dijalani.

Juga membayangkan bagaimana proses mulai dan proses hasil akhirnya. Nah, kalau sepeti ini kan kamu jadi bisa memprediksi apakah pekerjaan atau usaha yang sedang kamu jalankan akan berhasil atau tidak.

3. Memanfatkan Peluang yang Ada

kata kata bahasa minang, kata kata minang

Tiado Rotan Akapun Jadi, Tiado Kayu Janjang Dikapiang

Artinya: Gak ada rotan akarpun jadi, gak ada kayu tanggapun dibelah.

kata kata di atas bermakna bahwa kamu harus bahkan wajib memanfaatkan suatu peluang yang ada. Walaupun dilihat sepertinya susah untuk dilakukan, namun percayalah bahwa kamu akan berhasil bahkan dari peluang yang kecil sekalipun.

Sabagai contoh, pemuda yang sampai saat ini masih sangat terkenal seperti Tulus. Siapa sangka alumni mahasiswa universitas Bandung tersebut sukses berkarir sebagai seoran penyanyi.

Padahal Tulus sebenarnya nggak serta-merta melenggang mulus jadi seorang penyanyi. Waktu itu dia mencoba untuk memulai karir musiknya walau tidak punya latar belakang sebagai pemusik. Salah satu cara yang dilakukannya yaitu dengan join komunitas dan manggung bersama bandnya Sikuai Band.

Then, Tuluspun menerima saran dari kakaknya untuk membuat album pertamanya dengan merekam sendiri. Jadi album Tulus yang pertama bukan diproduksi dengan label besar.

Tulus cukup dengan bekal berani untuk mendirikan sesuatu yang belum berpeluang, namun siapa sangka ternyata pada akhirnya berhasil.

4. Mematuhi dan Menghormati Adat Istiadat

kata kata bahasa minang, kata kata minang

Dimana Bumi Dipijak Disinan Langik Dijunjuang

Pasti kamu sudah sering dengar kata kata bahasa minang di atas, bagaimana tidak karena merupakan salah satu kata kata terpopuler di Indonesia. Kata kata di atas mengajarkan kita untuk mematuhi segala aturan yang telah diterapkan dalam adat istidat di tempat tinggal kita.

Seperti yang telah diketahui, suku Minang dikenal memiliki sikap yang suka berbaur dengan siapapun termasuk tempat tinggal mereka. Salah satu kemampuan yang diandalkan yaitu bersosialisasi, karena hal tersebut merupakan kunci sukses mereka.

Hal seperti di atas bisa kamu terapkan, terlebih lagi jika kamu memiliki jaringan yang bisa dikatakan luas. Maka lebih besar lagi kesempatan yang akan didapatkan.

5. Jangan Terengaruh dengan Suatu Kegagalan

kata kata bahasa minang, kata kata minang

Takuruang Nak Dilua, Taimpik Nak Diateh

Artinya: Terkurung hendak di luar, terhimpit hendak ke atas

Kata kata di atas memberitahukan kita bahwa apapun kegagalan tersebut, jangan sampai terpengaruh dan teruslah berusaha semaksimal mungkin.

Walau kamu terjepit, berusahalah mencoba mencari celah untuk keluar dari masalah tersebut.

Contohnya, kamu gagal dalam berbisnis dan menguras banyak biaya pada tabungan yang kamu miliki. Tetapi kamu jangan fokus dengan kegagalan tersebut, tetap fokus dengan apa yang dikerjakan dan yakinlah bahwa akan berhasil.

Hadapilah suatu kegagalan tersebut semaksimal mungin. Agar nantinya kamu bisa megalahkan dan menghapus kegagalan tersebut.

Dari semua kegagalan yang dialami tersebut, jadikan sebagai pembelajaran agar selanjutya kamu bisa mengetahui manakah langkah yang benar.

Kata kata Bijak Bahasa Miang Untuk Story IG, WA, & FB

1. Tinggalkan Bila Sudah Tidak Dihargai

Buliah sayang ka urang tapi kalo lah ndak di hargoi nyo wak doh ancak wak tinggaan

Artinya: Boleh sayang ke orang, tapi kalau udah gak di hargainya lebih baik tinggalkan

2. Bingung Mau Melampiaskan Kesenangan Pada Siapa

Nah mantan alah sanang jo urang nan awak masih juo mamanuang antah jo sia awak ko kasanang

Artinya: Nah mantan udah senang sama orang lain, kita masih juga bermenung, entah sama siapa kita ini mau senang

3. Hargailah Seseorang yang Menyayangimu

haragoi sabalum pai genggam sabalum hilang mampahankan indak samudah mandapekan

Artinya: hargai sebelum pergi, genggam sebelum hilang, mempertahankan tidak semudah mendapatkan

4. Tidak Tahu Kapan Turunnya Jodoh

hujan turun kini tiok sabanta senan jodoh ntah bilo katurun nan hari dingin lo kini

Artinya: hujan turun kini tiap sebentar saja, jodoh ntah kapan mau turun, hari dingin pula kini

5. Mending Dimarahi Karena Jujur

Bialah diberangan karano jujur daripado dipuji karano mangicuah itu prinsip wak

Artinya: Biarlah dimarahi karena jujur daripada dipuji karena menipu, itu prinsip kita

6. Orang Berhijab Itu Cantik

Sorry yo! Urang nan bahijab tu labiah rancak dari pado yang ndak bahijab

Artinya: Sorry ya! Orang yang berhijab tu lebih cantik daripada yang tidak berhijab

7. Cari yang Tulus, Bukan yang Modus

Den mencari nan sabana serius ndak yang ngecekan tulus tapi akhirnyo cuma modus

Artinya: Saya mencari yang benar-benar serius, tidak yang ngatain dirinya tulus tapi akhirnya cuma modus

8. Dulu Sakit Kaki, Sekarang Sakit Hati

Taragak jadi anak ketek baliak karano wakatu ketek tu kalo jatuah nan sakik tu kaki kalo kini nan sakik tu hati

Artinya: Kangen jadi anak kecil balik, karena waktu kecil tu kalo jatuh yang sakit itu kaki, kalo sekarang yang sakit itu hati

9. Hargai Orang yang Membuat Kita Bahagia

Hargoi urang yang menyayangi awak nan rela malakukan apopun untuak awak supayo awak bahagia

Artinya: Hargai orang yang menyayangi kita, yang rela melakukan apapun untuk kita supaya kita bahagia

10. Jatuh Di Aspal Tak Seenak Jatuh Cinta

Sanak tau ndak? jatuah di aspal tu ndak sasanang jatuah cinta do jadi jan kancang bana sanak ba onda

Artinya: Kalian tau gak? Jatuh di aspal itu tidak sesenang jatuh cinta, jadi jangan kencang sekali kalian bawa motor

11. Berharap Memiliki Pasangan

Salaweh ko Indonesia ndak ka ado urang nan jomblo manga wak ka punyo urang

Artinya: Seluas ini Indonesia? Tidak akan ada orang yang jomblo, ngapain kita berharap punya orang? (maksudnya yang sudah punya pasangan?)

12. Kepo Bisa Mendatangkan Masalah

Kalo sanak indak ka manolong wak doh ndak usah sanak mananyo kepo tu kadang masalah mah sanak

Artinya: Kalau kalian tidak mau menolong kita, lebih baik tidak usah kalian bertanya, terkadang kepo itu bisa menjadi masalah juga

13. Baru Bertemu Langsung Jatuh Cinta

Pai malala ka solok pulangnyo mambaok roti baru sakali ko basobok EEE! langsuang kanal hati

Artinya: Pergi jalan-jalan ke solok, pulangnya membawa roti, baru sekali ini bertemu, EEE! Langsung kena hati

14. Lebih Baik Cinta Apa Adanya

Kok rancak bana rauik ruponyo kok kayo bana dek harato tapi denai indak tadayo cinto denai ko apo adonyo

Artinya: Mau cantik sekalipun raut wajahnya, mau kaya sekali karena harta, tetapi saya tidak terperdaya, cinta saya ini apa adanya

 

Show Comments

No Responses Yet

Yakin Ngga Mau Komen?