13+ Kata-kata Bijak dan Romantis Bahasa Bugis Terbaru [Terlengkap]

Dalam pembahasan kali ini saya meringkas kata-kata bugis, tapi sebelumnya apakah kamu bisa berbahasa bugis? Jika belum jangan khawatir karena sudah ada artinya.

Oke langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Sejarah Suku Bugis

Bugis berasal dari kata To Ugi yaitu berarti orang Bugis. Penamaan  Ugi sendiri berasal dari raja pertama yakni kerajaan China yang berlokasikan di Pammana.

Bugis merupakan suku yang tergolong dalam suku Melayu Deutero. Mulai masuk ke Nusantara setelah terjadinya gelombang migrasi pertama dari daratan Asia, tepatnya Yunan.

Kata kata Cinta Romantis Bahasa Bugis

kata bugis tentang cinta

Seringkali kita dengar bahwa cinta itu buta, sehingga dapat membuat orang tersebut melakukan apapun bahkan melukai dirinya atau orang lain.

Jika kamu tidak ingin dirasuki oleh cinta, maka cobalah bijak dan teliti dalam menyikapinya. Mungkin kata-kata romantis di bawah ini bisa membantumu dalam menjalin cinta.

1. Hubungan Mesra

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Melleki tapada melle; tapada mamminanga; tasiyallabuang

Artinya: Mari kita saling menjalin hubungan mesra supaya cita-cita segera menjadi kenyataan.

Seorang pria tidak hanya menginginkan wanita yang memiliki bentuk tubuh seksi dan kulit yang putih. Namun yang diharapkan seorang pria dari wanita adalah hubungan yang diiringi dengan ketulusan dan kesetiaan.

Seringkali wanita berpikir bahwa pria tidak memiliki kesetiaan dalam menjalin suatu hubungan, padahal kesetiaan seorang pria itu tergantung dengan pasangannya yang mampu setia hingga akhir hayat.

2. Menempuh Bersama

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Tapada malani lalass nasseddingie atitta Tosilolongeng

Artinya: Marilah kita menempuh jalan yang dapat menyatukan hati kita, Agar kita dapat mencapai sebuah kesepakatan.

Seseorang mengajak pasangannya untuk melalui jalan yang sama secara bersamaan agar dapat menyatukan hati diantara keduanya. Sehingga bisa mencapai suatu tujuan yang telah disepakati.

3. Mengenang di Malam yang Gelap

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Senge’ka rimula wenni Kubali sen’tokko Rigiling tinroku

Artinya: Kenanglah aku ketika malam mulai gelap Niscaya akan ku kenang pula dirimu Ketika aku terjaga di pertengahan malam.

Seseorang dalam kata-kata di atas meminta kepada orang yang dicintainya agar selalu dikenang. Karena dikenang dalam suatu perjalanan dipercaya bisa selamat dari marabahaya, musibah, dan malapetaka.

4. Yang Mau Menerima Apa Adanya

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Iyya memeng-paro mai; lejjai addenengku, mattaro pura

Artinya: Yang ingin menjalin kasih padaku adalah merek yang mencurahkan sepenuh hatinya.

Sekarang ini banyak yang mencintai seseorang bukan karena ketulusan hatinya, melainkan penampilannya.

Maka dari itu mulai sekarang terapkanlah kata-kata ini sebagai motivasi dalam kehidupan setiap harinya, bahwa cinta itu dinilai dari ketulusan hati bukan penampilan ataupun lainnya.

5. Cinta yang Tak Diragukan

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Lele akkutanamukki; ala tebbulu-ekki, naleworo tasi

Artinya: Boleh tanyakan betapa lembut jiwaku, betapa bulan hatiku, tak perlu diragukan.

Dalam menjalin suatu hubungan tentu terdapat rasa percaya dan tidak percaya terhadap pasangan. Satu hal yang buat hubunganmu lebih legit lagi walupun sudah berjalan hingga tahunan, yaitu rasa sayang pada pasangan.

Rasa sayang tersebut bisa dilihat dari berbagai cara, seperti ungkapan tentang cinta dan tindakan romantis yang dapat menimbulkan rasa khawatir.

Begitu juga dengan ungkapan harus secara terang-terangan, karena sebagai pasangannya kita harus menyampaikan perasaan yang sebenarnya. Hal tersebut trermasuk salah satu cara menghargai seseorang.

6. Takkan Terpisahkan

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Tellu ronna sitinro ‘, cinna-e udaani-e, napassengereng

Artinya: Tidak dapat dipisahkan antara Cinta, rasa rindu dan kenangan indah.

Jodoh atau cinta tidak akan bisa dipisahkan, tetapi akan rapuh jika karena cinta semata saja. Cinta merupakan salah satu sifat Allah SWT yang maha agung, artinya adalah bahwa dalam cinta terdpat sebuah keagungan.

Pasti kamu sudah tahu, bahwa manusia telah diperintahkan mencontoh akhak Allah dalam hal cinta. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki perasaan dan dapat mencintai maka dia termasuk orang yang mulia.

Maka ketahuilah bahwa cinta itu bertingkat-tingkat.

7. Ridho Tuhan

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Mamasepi dewata-e, nalolang sitalleyang tosipominasa

Maksudnya: Menantikan ridho Tuhan semoga kita dipertemukan.

Dengan perjuangan dan istiqomah yang kuat, orang-orangyang menunggu di dunia ini pada akhirnya pasti dipertemukan kembali.

Orang yang mau menunggu merupakan tipe orang yang sabar. Sehingga mendapatkan kebahagian atas kesabarannya dalam menunggu hal.

Kita sebagai manusia harus yakin bahwa dari suatu penantian pasti ada hasil yang tidak akan sia-sia.

Kata kata Bugis Tentang Kehidupan Sosial

kata bijak bahasa bugis

Kehidupan pasti tidak terlapas dengan berbagai pengalaman, rintangan, dan peristiwa yang akan selalu dikenang. Semua itu bisa kita jadikan sebagai pelajaran agar bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

1. Bersikap serakah untuk departemen dan pangkat

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Aja ‘muangoai onrong, aja’to muacinnai tanre tudangeng, nasaba detumulley padecengi tana, risappapo muompo, rijello’po muakkengau

Artinya: Janganlah serakah dengan kedudukan, jangan terlalu berlebihan menginginkan jabatan tinggi, karena negara saja kamu tidak sanggup memperbaikinya. Jika dicari pasti akan ketemu dan baru mengakuinya setelah ditunjuk.

Tentu setiap orang berkeinginan untuk memiliki jabatan atau kedudukan yang tinggi, tetapi itu semua takdir yang menentukan. Namun seringkali keserakahan dijadikan sebagai tumpuan untuk mewujudkan cita-cita.

Jika unsur moral dikesampingkan dalam mewujudkan cita-cita, maka hal tersebut bisa fatal jika ditunjang oleh kekuasaan.

Seseorag yang bertekad baik pasti memiliki harga diri yang baik pula, sehingga akan merasa malu jika mengemis sutu jabatan maupun kedudukan. Juga akan melaksanakan suatu amanah dengan penuh tanggung jawab.

2. Tiga Unsur

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

tellu riala sappo: tauwe ri dewatae, seri ri watakkaleta, seri nenniya si pad padatta fine tau

Artinya: Tiga unsur yang dijadikan pagar: rasa takut kepada Tuhan, rasa malu  pada diri sendiri, dan rasa malu terhadap sesama manusia.

Seperti yang kita ketahui, ketakutan akan Tuhan dapat meningkatkan iman kita dan memperkuat keamanan seseorang.

Rasa malu dengan diri sendiri akan mencegah niat buruk yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sedangkan rasa malu terhadapa sesama manusia bisa menghambat perbuatan dan tingkah laku buruk serta meninggikan budi pekerti.

3. Tipu Daya dan Kebenaran

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Pala  urage,  tebakke  tongengnge,  teccau  maegae,  tessiewa situla’

Artinya: Triknya adalah untuk berhasil hanya sementara, tetapi kebenaran tidak dihancurkan, kebenaran akan terus hidup dan bersinar dalam kehidupan manusia.

Karena kebenaran bersumber dari tuhan, mungkin yang sedikit mampu mengalahkan yang banyak namun sementara karena adanya kekuatan.

Walaupun yang banyak bisa dikalahkan, tetapi yang banyak tidak bisa diabaikan begitu saja. Sesuatu yang banyak hanya satu kekuatan, apalagi membina kekuatan.

Memusnahkan suatu kebenaran merupakan hal yang mustahil, bagaikan matahari yang tidak mungkin terbenam di siang hari.

4. Kehidupan Positif

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Lampu temmate, temmaruttung lappae, maompengnge berlapis, teppolo massalemoe

Artinya: Takkan mati kejujuran itu, takkan runtuh yang datar, takkan putus yang kendur, takkan patah yang lentur.

Suatu kejujuran tidak akan pernah kalah, karena kebohongan pasti akan terungkap kejujurannya jika sudah tepat pada waktunya. Walaupun seseorang tersebut kendur, tetapi belum tentu dia akan putus asa. Selentur apapun keinginan tersebut, tetap yakin bisa dan bersemangatlah tanpa rasa putus asa.

5. Mengetahui Setelah Melakukan

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Iyyapa nari isseng lamunna salo’e na loanna, rekko purai ri atengngai

Artinya: Luas dan kedalaman sungai itu bisa diketahui ketika telah menyeberanginya.

Setiap orang memang pada umumnya selalu tidak yakin dalam melakukan suatu hal. Terkadang ada yang berfikiran bahwa mencoba hal yang tidak mungkin akan menghasilkan sebuah kegagalan.

Maka dari itu, jika ada sesuatu yang membuat kamu penasaran mengenainya, coba dan yakinlah bahwa kamu akan bisa. Karena sesuatu akan diketahui setelah dicoba.

6. Saling Menghargai dan Menghormati

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

 

Pada sitarongekki’ siri, iyaregga ripada, jagai siri’ta

Artinya: Kita harus saling menghargai, saling hormat menghormati, saling menjaga diri supaya tidak terjadi saling menyakiti apalagi menonorkan aib.

Nah, itulah yang disebut dengan kehidupan dunia yang sepakat dan saling memanusiakan. Sehingga terciptalah kehidupan yang harmonis, tentram, aman, sejahtera, dan damai.

7. Kecerdasan yang Bersanding dengan Akhlak

kata kata bahasa bugis, kata kata orang bugis

Mauni buwaja bulu’ nalise’ ampeloi teyawa’ nalureng

Artinya: Walaupun orang tersebut cerdas namun tidak memilki sifat yang baik atau sopan, maka tidak akan ada satupun orang yang mempercayainya.

Ini gratis tidak hanya untuk orang-orang dengan otak dan pikiran cerdas tetapi tidak beradab. Nah, maka berbaik hatilah dan baik hati, agar mereka percaya dan tidak dijauhi.

Demikianlah pembahasan artikel ini, jangan lupa untuk share dan komen. Maaf apabila terdapat typo di sepanjang pembahasan. Sekian dulu, sampai jumpa dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

Yakin Ngga Mau Komen?