Kata Bijak Bahasa Jawa Paling Keren Beserta Gambarnya [Terlengkap]

Kata-kata Jawa – Kata bijak bahasa Jawa sering digunakan oleh banyak orang untuk memberikan semangat dan motivasi dalam menjalani hidup. Kan siapa sangka hanya dengan kata-kata seseorang bisa berubah.

Maka patutlah orang yang bijak mengatakan “lidah lebih tajam dari pada pedang”, tergantung pada yang mengatakannya untuk apa, untuk kebaikan atau justru kebalikannya.

Pada zaman dahulu, suku jawa merupakan suku yang terkenal dapat mengatur, mengerjakan, dan menyelsaikan segala masalah dengan kata-kata bijak.

Kata kata Mutiara Bahasa Jawa Kromo

kata mutiara bahasa jawa, kata kata mutiara bahasa jawa
kepogaul.com

Seperti yang telah kita ketahui, bahasa jawa merupakan bahasa yang memiliki tingkatan atau levelisasi.

Apa itu levelisasi? Yaitu pembagian dalam penggunaan bahasa jawa, setiap kosa katanya memiliki tingkatan.

Berikut di bawah ini kata mutiara bahasa jawa kromo yang dapat dijadikan sebagai renungan dan motivasi untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi.

Jati Diri

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

pusaka ingkang paling sekti iku dudu tombak,pedang lan keris,pusaka kang paling sekti yaiku dumunung ing jati diri

Artinya: Pusaka yang paling sakti bukanlah tombak, pedang ataupun keris tapi terletak dalam diri sendiri

Terkadang saat diberi kesempatan, pasti kita selalu mengandalkan hal yang bersifat eksternal, padahal kekuatan sesungguhnya berada dalam jiwa dan raga kita. Maksudnya kekuatan sebenarnya bukan dari luar, namun dalam diri kita sendiri.

Saya sangat setuju dengan orang-orang yang mengatakan bahwa diri kita lebih kuat dari pada yang dipikirkan, tetapi harus tetap mempertimbangkan sisi dari rasionalitas.

Jalan Kebenaran

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Gusti paring mergi kangge tyang ingkang purun teng merginipun

Artinya: Tuhan akan memeberikan jalan, bagi mereka yang mengikuti jalan kebenaran

Seolah-olah kata kata mutiara bahasa jawa ini mengajak kita untuk menempuh kembali jalan yang sudah kita tempuh. Maksudnya, kita ini sedang berada di jalan yang benar atau tidak.

Jika kita merasa bahwa jalan yang dipilih sudah benar, pastikan kembali karena janga-jangan itu hanyalah perasaan saja. Maka dari itu tentukanlah jalan yang benar sebelum terlambat.

Menjaga Tingkah Laku

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Adigang, adigung, adiguno

Artinya: Untuk supaya menjaga tingkah laku, tidak boleh sombong atas kekuatan, kedudukan dan latar belakang

Setelah saya membaca kata mutiara bahasa jawa ini, entah kenapa tiba-tiba merasa menung dan tersinggung, karena zaman sekarang banyak orang-orang yang merasa bahwa telah memiliki segalanya sehingga seenaknya berbuat semena-mena.

Terlebih lagi dengan kondisi masyarkat saat ini, semua kedudukan dan harta dianggap paling utama, bahkan peraturan dan hukum juga dipermainkan.

Pasti kita sering mendengar oknum pejabat yang mmepermainkan hukum, yang seharusnya perkara yang sudah tuntas, tidak bisa tuntas hingga sekarang.

Justru sebaliknya, perkara yang sudah tuntas diperpanjang hanya demi kepentingan individual.

Begitu juga dengan sistem pendidikan sekarang, orang yang memiliki segalanya bisa memanipulasi apapun yang dikehendakinya, bahkan mengotak-atik nilai nilai dan pendidikan.

Apakah yang terjadi jika orang-orang di dunia ini setelah membaca kata mutiara bahasa jawa ini? Mungkin tidak akan ada lagi orang yang sombong dan merasa memiliki segalanya.

Tawakal

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

kawula namung saderma.mobah-mosik kersaning hyang sukmo

Artinya: Lakukan semua sebisa mungkin, setelah itu serahkan kepada Tuhan

Ikhtiar dan usaha bukanlah hasil dari segalanya, akan tetapi kita harus mengembalikannya pada sang pencipta alam semesta. Karena roh dan tubuh kita juga diciptakan olehnya.

Setelah kita menyerahkan segala urusan yang telah kita lakukan kepada sang pencpta, maka dijamin tidak akan ada lagi rasa khawatir yang meresahkan jiwa.

Menjadi yang Utama

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

mbeg utotomo,andhap asor

Artinya: Boleh menjadi yang utama, namun tetap rendah hati

Kata kata di atas cocok untuk dijadikan sebagai renungan untuk kita, terlebih lagi untuk kita yang sedang menuntut ilmu.

Menjadi sosok yang utama dalam segala hal dan perbuatan tentu merupakan impian dan keinginan semua orang. Namun jika hal tersebut sudah didapatkan, jangan lupa untuk tetap rendah hati.

Agar kita termasuk dalam golongan orang-orang yang selamat.

Perbedaan

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Ampun mbedakaken marang lintune

Artinya: Jangan membeda-bedakan sesama, hargailah sebuah perbedaan

Coba deh kamu ingat-ingat, pasti setelah membacanya jadi ingat dengan keadaan negara yang sangat berantakan akhir-akhir ini dengan perbedaan.

Kita semua sebagai manusia harus memperlakukan sama pada setiap orang, mulai dari sisi kemanusiaan dan menghargai setiap perbedaan yang ada.

Kata Kata Bijak Bahasa jawa Kasar

Hanya Janji Manis

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Nek janji ojo manis-manis dek, mesakke cangkemmu ndak dirubung semut

Artinya: Kalu janji jangan manis-manis dek, kasian mulutmu nanti dirubung semut

Janji manis hanya dari perkataan dan dimulut saja ya sepertinya. Di luar sana banyak orang yang memiliki sifat seperti ini, terkadang saya merasakannya.

Modusnyapun banyak, kenapa banyak orang yang memberikan janji manis seperti untuk mencari perhatian (caper), biasanya seperti itu dari teman ataupun kekasih.

Jika kamu punya teman atau orang deket kamu yang memiki sifat seperti itu, kamu bisa mengingatkannya dengan kata kata bijak di atas.

Gosok gigi pakai apa?

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Omonganmu ra penak, mau esuk sikatan nggo odol opo semen?

Artinya: Pembicaraanmu tidak enak, tadi padi sikat gigi pakai odol atau semen?

Kata bijak jawa kasar di atas cocok untuk kamu sampaikan kepada orang yang tipenya suka nyerocos terus atau banyak mulut.

Kebanyakan yang seperti itu sih perempuan ya, kalo laki-laki jarang. Jarang bukan berarti menutupi, kemungkinan sifat ini terdapat pada laki-laki.

Biasanya mulut yang jika ngomongnya tidak dikendalikan dengan otak, maka akan nyerocos terus. Hal seperti ini tentu tidak baik, karena biasanya terdapat pihak yang tersakiti. Jangan sampai kamu termasuk orang yang memiliki sifat sepert ini.

Tidak Banyak Mulut Tapi Bukti

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Ra usah kakean cangkem, sing penting kui buktine

Artinya: Tidak usah banyak mulut, yang penting itu buktinya

Seperti yang telah saya katakan di atas tadi, kata kata kasar bukan berarti negatif. Kata bijak bahasa jawa kasar ini maknanya termasuk baik, karena benar bahwa yang lebih penting itu bukti,

Maksud dari kata di atas bahwa yang terpenting bukanlah banyak bicara, melainkan bukti yang nyata.

Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa

Hati Tidak Bisa Bohong

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, tapi ati ora bakal iso diapusi

Artinya: Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah dengar, mulut salah bicara, tetapi hati tidak bisa dibohongi

Kata orang-orang dulu, kata mutiara yang satu ini memiliki arti atau makna yang sangat mendalam, apakah benar?

Ternyata kata kata ini sangatlah bijak, dimana memberitahukan kita untuk menggunakan hati dan perasaan saat akan melakukan apapun.

Seperti diketahui bahwa hati selalu tahu dan tidak akan bisa dibohongi. Berbeda pula dengan indera lain seperti mata dan telinga yang terkadang salah dalam menafsirkan suatu hal.

Janga lihat luarnya saja, Tetapi Dalamnya juga

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Golek jodho ojo mung mburu endhaning warna, pala krama aja ngeceh-ngeceh banda

Artinya: Cari Jodoh jangan hanya memerthatikan warna kulitnya, tetapi juga hatinya

Kata-kata bahasa jawa ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari jodoh ataupun pasangan. Kata mutiara bahasa jawa di atas menjelaskan bahwa mencari jodoh jangan memandang fisiknya saja. Akan lebih baik menilai keduanya, yaitu fisik dan hati yang dimilikinya sama-sama baik.

Akhir-akhir ini kita sering mendengar bebrapa kejadian yang tidak baik, dari persetuan pasangan hingga terjadinya tindakan kriminal. Terjadinya hal seperti ini tentu ada sesuatu yang tidak berkenan dalam hatinya.

Intropeksi Diri

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Ngilo marang ghito’e dewe

Artinya: Berkaca barangkali aneh sendiri

Intropeksi merupakan salah satu kata yang memiliki makna yang mendalam, juga dapat membawa perubahan besar bagi siapa saja yang memahami maknanya secara tepat.

Kata bijak di atas mengajarkan kita, bahwasanya intropeksi yang terutama yaitu intropeksi pada diri sendiri. Mengapa hal seperti itu dilakukan? Seperti yang diketahui, manusia adalah makhluk yang selalu salah dan keliru, baik dari ucapan maupun perbuatan.

Intropeksi diri merupakan evaluasi dan memperbaiki diri untuk menjadi yanglebih baik.

Kata kata bijak Bahasa Jawa Tentang Kehidupan

Jangan Sombong

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Yen ngomong ojo duwur-duwur. Ngko lambemu kesampluk pesawat

Selain dikejar sama anjing, lagi dengerin orang sombong mendongeng juga merupakan hal yang menyebalkan. Semakin lama orang sombong berbicara, maka aura negatifnyapun terasa. Sampai-sampai rasanya ingin menutup mulutnya dengan lakban.

Namun apa daya, kita harus tetap menghargai orang yang sedang berbicara ataupun yang sedang menyampaikan suatu perihal.

Tentu kita masih bisa menghentikan pembicaraannya dengan kata bijak di atas. Kata di atas memiliki arti “kalau bicara jangan tinggi-tinggi, nanti mulutmu keserempet pesawat.

Pelan-pelan

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Alon-alon asal kelakon

Biasanya seseorang yang cepat atau buru-buru dalam melakukan sesuatu bertujuan agar hal yang dikerjakannya segera selesai. Hal tersebut dilakukan biasanya agar orang tersebut memiliki sisa waktu luang yang lebih lama.

Memang benar sih cepat dan tepat dalam melakukan sesuatu adalah hal yang bagus. Namun hal seperti itu bukanlah suatu keharusan, karena tiap masing-masing individu memiliki kekurangan dan kelebihan.

Sego Kucing

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar

Bagi kamu si pejuang cinta, mungkin kata-kata mutiara bahasa jawa yang agak kasar ini tapi sangat bermakna cocok untuk kamu.

Terlebih lagi jika ketika akan mengungkapkan sebuah perasaan yang cukup mendalam melalui sebuah kata-kata.

Menyamai manusia dengan nasi kucing memang suatu hal yang sangat aneh. Tetapi dengan kata-kata ala wong jowo, pasti bisa mengeluarkan sebuah kalimat dengan ungkapan yang lucu dan romantis.

Merdeka

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Merdeka iku yen Soekarno mbe Hatta baris rapi ning njero dompet. Yen sing baris Pattimura, berarti isih perjuangan

Pasti kamu pernah dengar bahwa ada orang yang bilang bahwa uang bukanlah segalanya. Lebih singkatnya kebahagiaan bukan tergantung dari berapa banyak harta yang dimiliki.

Namun nggak bisa disepelekan juga, yang namanya kanker (kantong kering) juga merupakan sesuatu yang bisa membuat kita jadi sengsara.  Jika tidak percaya coba saja kamu bayangkan saat membuka dompet eh ternyata isinya tinggal uang seribuan, pasti sakitnya tuh di sini kan.

Dosa

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Dosa seng paling menyedihkan iku dosambat ra nduwe duit

Setiap daerah pasti memiliki andalan kata-kata yang unik dan menarik. Sebagai contoh kata-kata di atas yang memiliki arti “Dosa yang paling menyedihkan itu pada ngeluh tidak punya uang”.

Nah kamu bisa menggunakan kata-kata ini saat sedang bermain dengan teman-teman.

Hak dan kewajiban

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Ngapusi iku hakmu. Kewajibanku mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi

Ngapusi merupakan istilah dari bahasa jawa yang berarti berbohong, membohongi, penipu, dan menipu. Berbohong sudah menjadi hak tiap orang, kita tidak bisa mencegah dan menebak sesorang yang berbohong ataupun tidak.

Kata mutiara jawa yang satu ini memang benar, tetapi biasanya kebohongan dilakukan dengan maksud-maksud tertentu. kamu tidak perlu merasa kesal jika ada yang membohongimu, coba saja sindir dengan kata-kata di atas.

kata kata Jawa lucu Penuh Makna

Sekali-kali Minum Teh

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Ojo mung ngopi tok, sekali sekali ngeteh ben ngerti yen urip iku ora mung pait, tapi sepet mbarang

Perlu kamu ketahui bahwa hidup terasa cepat dan singkat jika hanya dijalani dengan kesedihan saja. Semangatlah dengan membawa motivasi dalam kata-kata bijak jawa di atas, yaitu hidup cuma mampir ngombe kopi. Namun jangan keseringan minum kopi saja, sekali-kali lah minum teh.

Dengan minum teh juga maka kamu tidak hanya merasakan pahitnya hidup, tetapi juga sepetnya kehidupan. Kamu bisa menyampaikan kata-kata ini pada temenmu yang sedang bersedih atupun menyerah.

Menuai Hasil

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Seng nandur bakale ngunduh

Jujur saja, pasti kamu merasa jengkel jika ada salah satu temanmu yang suka seenaknya saja. Tidak enak rasanya jika ikut melewati sebuah proses yang bukan merupakan tujuan kita.

Lebih baik kamu pikir-pikir lagi, apakah teman yang seenaknya saja tersebut benar-benar teman kamu. Kamu juga bisa sindir lho orang yang ngakunya teman kamu dengan kata-kata ini, pasti dia nantinya sadar.

Cara Dihormati

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Ajining diri soko lathi, ajining rogo soko busono

Banyak bahasa jawa yang memiliki kata-kata nasihat yang maknanya sangat mendalam, sebagai contohnya kata-kata di atas. Sekilas kata-katanya pendek, namun ternyata mengandung pesan tersirat yang sangat panjang.

Artinya “diri dihargai dari ucapan, diri dihargai dari busana”, maka sekarang kamu sudah tahu bagaimana caranya agar bisa dihormati.

Lakon Utama

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Lakon rabi keri

Kamu pernah tidak mendengarkan suatu kalimat ungkapan lakon menag keri? Kalimat ungkapan bahasa jawa tersebut memiliki arti bahwa tokoh utama akan meraih kemenangan dibabak akhir.

Kata mutiara bahasa jawa tersebut bisa dibuah menjadi berbagai versi, salah satunya dengan mengganti kata menang menjadi rabi (menikah). Jadi artinya tokoh utama akan menikah, tetapi setelah semua temannya menikah duluan.

Rendah Hati

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Ojo rumongso iso, nanging kudu iso rumongso

Mengacak-acak sebuah kata terkadang bisa menjadikan sebuah kalimat yang enak dibaca dan didengar. Walaupun hanya dua kata, tetapi jika diacak maka maknanya akan jauh berbeda.

Contohnya kalimat di atas yang artinya “jangan merasa biasa, tetapi biasalah merasa”.

Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Ilmu

Ilmu

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Ngunduh wohing pakarti

Bermakna “menuai buah pekerti”, menjelaskan bahwa menuntut ilmu tidak mudah, tetapi ada prosesnya. Namun percayalah bahwa hasilnya nanti akan dituai.

Terkadang banyak orang yang tidak bisa sabar dan mudah pasrah dalam menuntut ilmu. Padahal memang menuntut sebuah ilmu harus dijalani dengan perlahan-lahan, jika sudah saatnya pasti kita sendirilah yang menuainya.

Ikhlas

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

rela lan legawa lahir trusing batin

Mungkin seluruh orang di dunia ini setuju, bahwa hidup yang susah itu adalah harus selalu sabar dan ikhlas. Terkadang kita berkata ikhlas, namun sepertinya hati tidak menerimanya.

Jika kamu meemiliki sifat tersebut, maka sekarang harus dilatih supaya hati benar-banar ikhlas menerima kehidupan apa adanya.

Kesabaran

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip

Pernah ada seseorang yang mengatakan bahwa sabar bagaikan lautan yang tidak berujung dan tidak terbatas. Jika ada yang mengatakan sabar ada batasnya, maka bukan sabar namanya.

Sabar memang sulit untuk diterapkan dalam kehidupan, karena pada umumnya manusia bersifat tidak sabaran.

Maka mulialah orang yang sudah melalui beberapa cobaan dengan kesabaran yang tidak ada batasnya.

Pertimbangan

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Beda lamun
Wus sengsem rehing asamun
Semune ngaksama
Sesamane bangsa sisip
Sarwa sareh saking mardi martotama
Dalam melakukan hal apapun tentu ada prosesnya. Sebagai contoh kata-kata bijak tentang ilmu di atas yang menjelaskan tentang seseorang yang sudah berpengalaman dalam suatu proses.
Perlu diingat, perkara apapun itu coba dipertimbangkan dengan baik, dan hadapi dengan tulus dan sabar.

kata kata Jawa sindiran

Dari pada terus memendam rasa jengkel terhadap seseorang, mending luapkan dengan kata-kata sindiran. Berikut di bawah ini kumpulan kutipan sindiran yang cocok untuk kamu sampaikan kepada orang yang buatmu jengkel.

Sindiran untuk Tanggung Jawab

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Atiku dudu parkiran sing iso mbok parani karo tinggal sakpenake

Artinya: Aku bukanlah tempat parkir yang bisa kamu datangi dan ditinggalkan seenaknya

Kata-kata sindiran ini cocok untuk yang suka mengfriendzonkan atau php-in seseorang. Jika kamu merasa sebagai tepat parkirnya, bisa tuh disindir dengan kalimat di atas.

Janji Palsu

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Pantesan aku gering. Jebule sing tak pangan harapan palsu

Punya pacar yang romantis memang idaman bagi setiap orang, karena kita akan terus merasa dibanjiri dengan sesuatu yang indah secara terus menerus. Namun jika semua itu hanyalah omong kosong saja, maka kita bisa terserang oleh malnutrisi.

Seperti kata-kata di atas, jika seseorang diberi harapan palsu terus menerus, tubuh korban sampai kurus. Mau bagaimana lagi? orang tersebut ya tidak bisa gemuk karena yang dimakan hanyalah omong kosong saja.

Baper Maksimal

Kata bihak bahasa jawa, kata mutiara bahasa jawa

Saking galau ne, krungu lagu Balonku wae atiku kemropok

Artinya: Saking galaunya, dengar lagu balonku aja hatiku rakaruan

Bagaimana jadinya jika seseorang mendengarkan lagu saja bisa galau, la terus apalagi kalau soal cinta.

Pasti nusuk di dada ya kan, mungkin nusuknya sampai ke punggung 😂. Maka dari itu jika kamu sedang galau jangan mendengarkan lagu asmara, kan mending dengar lagu yang bisa bikin hati jadi mod lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai kata-kata bijak dan mutiara bahasa jawa kali ini. Mungkin sekian dulu, jangan lupa di share ke sosial media ya. Sampai jumpa dan terimakasih.

Yakin Ngga Mau Komen?