15 Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Kreatif dan Mudah Dibuat

Kerajinan Tangan dari Sedotan – Bagi anda yang sering atau hobi membuat kerajinan tangan, pastinya pernah dong membuat kerajinan tangan dari sedotan. Sedotan yang sering kita temui di pinggir jalan dan juga bayak digunakan sebagai alat minum ini ternyata bisa dibuat menjadi sebuah kerajinan.

Sebelumnya saya telah membahas kerajinan tangan dari kain flanel, dan pada artikel ini dari sedotan. Oke langsung saja dibawah ini beberapa kerajinan dari sedotan yang kreatif dan mudah dibuat. Check it out.

1. Kalung dari Sedotan

Kalung dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Memiliki perhiasan cantik tidak juga harus yang bernilai mahal. Hanya dengan sedotan, anda bisa memiliki kalung yang cantik dan unik ini layaknya seperti kalung-kalung mahal yang dijual pada umumya. Dengan kerajinan yang dimiliki, kalung ini tak kalah dengan kalung mahal yang dijual di toko perhiasan.

Pembuatan kalung dari sedotan ini memerlukan beberapa bahan dasar, yaitu kalung lainnya untuk disatukan dengan sedotan sehingga memberikan hasil kalung yang cantik.

Pilihlah sedotan yang kaku dan tidak terlipat agar pada waktu membuatnya mudah dan agar kalungnya nanti tidak mudah rusak. Jika anda sudah memilikinya, simpanlah kalung tersebut dengan cara menggantungnya, karena jika ditaruh dalam laci akan tertimpa dengan barang lainnya.

2. Anyaman dari Sedotan

Anyaman dari Sedotan
Image source: pkwufaisal.blogspot.com

Sedotan bisa dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat anyaman. Bagi anda yang suka menganyam, pasti dong suka menggunakan sedotan dengan alasan mudah didapatkan dan ditemukan. Anyaman sedotan yag kuat juga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara membuatnya mudah, pilihlah jenis atau merek sedotan yang berbahan keras agar kuat saat digunakan untuk mengangkut benda di atasnya.

3. Gantungan Kunci dari Sedotan

Gantungan Kunci dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Anyaman yang terbuat dari sedotan bisa dibuat dengan berbagai bentuk yang menarik. Bentuk-bentuk anyaman tersebut juga bisa dijadikan hiasan gantungan kunci.

Untuk membuatnya anda hanya memerlukan gantungan kunci yang biasa dijual di toko bros, kemudian gantungan kunci tadi disematkan ke anyaman sedotan yang telah dibuat.

Baca juga: Kerajinan dari Kain Flanel yang Unik dan Mudah Dibuat

Lalu jadi deh, anda bisa memajangnya di tas dan pasti orang-orang yang melihatnya akan tertarik dan ingin membuatnya karena gantungan kunci tersebut sangat menarik.

4. Taplak Meja dari Sedotan

Taplak Meja dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Taplak meja ternyata juga bisa lho dibuat dengan menggunakan sedotan. Dalam membuatnya membutuhkan keahlian dan ketelatenan khusus karena cukup sulit dan rumit.

Jika anda merupakan seseorang yang mahir dalam menganyam, maka anda bisa dong membuat anyaman yang mirip dengan gambar di atas. Taplak meja ini bisa anda gunakan untuk alas gelas, vas bunga, atau wadah cemian.

5. Sepeda dari Sedotan

 Sepeda dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Bagi anda yang hobi membuat miniatur atau mainan anak, sedotan juga bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuatnya. Bagaimana menurut anda mengenai gambar di atas? unik bukan.

Baca juga: Kerajinan Terunik dan Menarik yang Terbuat dari Barang Bekas

Sepeda dari sedotan ini merupakan kerajinan yang unik, krteatif, dan mudah dibuat.

6. Rumah Keong dari Sedotan

Rumah Keong dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Rumah keong yang bagus ini hanya dibuat dengan menggunakan sedotan lho, kreatif kan. Jika anda ingin membuatnya kumpulkanlah sedotan warna warni lalu dipotong-potong, dan gabungkan semuanya sehingga menjadi bentuk rumah yang keong yang mewah.

Rumah dari sedotan ini juga bisa dijadikan maianan untuk anak-anak. Perlu diketahui bahwa sebelum membuat rumah ini anda harus membuat desainnya terlebih dahulu.

Kerajinan ini bisa anda jadikan sebuah contoh untuk tugas sekolah pada pelajaran seni budaya.

7. Hiasan Lampu dari Sedotan

Hiasan Lampu dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Tidak disangka, hanya dengan beberapa rangkaian sedotan bisa menjadi sebuah hiasan lampu yang indah.

Sehingga lampu yang awalnya terang, menjadi tak terlalu terang karena hiasan lampu dari sedotan ini.

Cocok untuk lampu tidur, lampu taman, lampu ruang tamu, atau tempat lainnya. Dengan menggunakan lampu ini, lampu anda menjadi tak terlalu menyilaukan mata dan memberi kesan pada tempat tersebut.

8. Gelang dari Sedotan

Gelang dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Jika anda membeli minuman di warung atau penjual minuman lainnya, pasti diberi sedotan untuk menyedot minuman tersebut. Sedotan yang diberikan biasanya berwarna-warni dan varian motif yang unik.

Maka jangan buang dulu sedotan yang telah anda gunakan, karena dengan sedotan tersebut anda bisa membuat gelang yang unik dan pastinya tak kalah dengan gelang yang biasa dibeli di toko-toko.

9. Boneka dari Sedotan

Boneka dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Sedotan dan barang bekas lainnya bisa dibuat menjadi sebuah boneka. Hanya dengan bahan seperti kancing, tangkai, manik-manik, dan lain-lain, maka anda bisa membuat boneka yang menyerupai stickman.

Menggunakan boneka sedotan ini bisa menjadi contoh dari karakter untuk memperkuat cerita yang akan disampaikan.

Tidak perlu membuat boneka yang susah untuk dibuat, cukup dengan boneka sederhana ini anda bisa menjadikannya sebuah pajangan atau property untuk kegiatan story keliling, yaitu sebuah kegiatan menceritakan yang akan disampaikan kepada anak-anak

10. Tempat Pensil dari Sedotan

TTempat Pensil dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Apakah anda memiliki peralatan tulis yang berserakan di atas meja dan selalu hilang? Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan kotak pensil. Sedotan bisa digunakan untuk membuat hiasan tempat pensil lho! sedotan yang dipakai adalah jenis sedotan seperti gambar di atas.

Selain sedotan, anda juga membutuhkan bahan lain yaitu botol kemasan yang dipotong sekitar ¼ dari bagian bawahnya, lalau sisi botol diberi sedotan dengan cara di lem.

11. Vas Bunga dari Sedotan

Vas Bunga dari Sedotan
Image source: solusinya.net

Bunga yang cantik tentunya memerlukan sebuah vas yang cantik. vas yang cantik tidak harus dibeli dengan harga yang mahal, anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan sedotan.

Pilihlah sedotan dua sedotan yang berbeda warna, agar mendapatkan motif vas yang cantik. Lalu, cocokan juga warna dengan bunga yang akan ditaruh dalam vas.

12. Tas dari Sedotan

Tas dari Sedotan
Image source: hidupsimpel.com

Beli tas tidak perlu yang mahal-mahal, mending buat saja dari sedotan. Anda bisa menggabungkan beberapa bahan tambahan seperti kain dan bunga plastik. Banyak sekali model tas yang bisa dibentuk, tergantung sih dengan selera anda.

13. Sandal dari Sedotan

 Sandal dari Sedotan
Image source: hidupsimpel.com

Apakah anda sering kehilangan sandal? jika iya, kerajinan tangan dari sedotan inilah jawabannya. Pada waktu ke masjid atau bermain dengan teman-teman, sandal yang terbuat dari sedotan seperti gambar di atas pastinya terlihat keren dan kreatif.

Saat membuatnya, anda bisa menambahkan bahan lainnya agar sandal tetap awet dan kuat.

14. Sepada Motor dari Sedotan

Sepada Motor dari Sedotan
Image source: hidupsimpel.com

Unik nih, gimana tuh? benar-benar mirip sepeda motor asli kan. Kerajinan sedotan yang satu ini memerlukan sedotan dengan jumlah yang banyak.

Membuatnya pun pasti tidak selesai dalam sehari saja, membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

15. Tirai dari Sedotan

Tirai dari Sedotan
Image source: hidupsimpel.com

 

Bosan dengan tampilan tirai yang anda punya? agar tidak bosan buat saja yang berbeda, seperti tirai dari sedotan ini. Lebih baik memasang tirai dari sedotan ini daripada membelinya dengan biaya yang mahal.

Pembuatannya juga tidak terlalu sulit, mungkin bunganya saja yang agak rumit. Tirai ini bisa anda taruh di ruangan favorit seperti kama atau ruang tamu.

 

Sekian dulu semoga bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa.

Yakin Ngga Mau Komen?