5 Makanan Khas Kalimantan yang Harus Kamu Coba

Kalimantan selatan atau yang di juluki dengan “Kota Seribu Sungai”. Kalimantan mempunyai beragam jenis makanan khas yang lezat disantap dan pastinya tidak mengecewakan.

Makanan khas kalimantan bukan berati hanya bisa ditemukan di provinsi kalimantan selatan saja, tapi juga bisa ditemukan di seluruh wilayah kalimantan. masing-masing wilayahnya punya makanan khas yang enak dan wajib untuk kamu coba.

1. Manday

source : seputarbanjarmasin.com

kalau di kota Yogyakarta ada namanya gudeg yang dibikin dari nangka. Begitu juga kalimantan, mempunyai sajian khas yang dibuat dari buah cempedak yang mirip dengan buah nangka. Bedanya manday ini terbuat dari buah kulit cempedak.

Makanan ini dibuat dengan cara diasinkan selama beberapa hari. Manday bisa dikonsumsi dengan cara di goreng terlebih dahulu. Makanan khas kalimantan ini cukup enak jika dibandingkan dengan kuliner lainnya.

2. Soto Banjar

source : news.unair.ac.id

Soto khas suku Banjar ini juga punya rasa unik dan berbeda dengan soto yang biasa kamu makan. Soto berkuah kuning bening ini kaya akan rasa rempah-rempah khususnya kayu manis.

Biasanya soto tidak dimasak dengan kayu manis, maka dari itu rasa soto banjar ini berbeda dengan soto ayam yang biasanya kamu makan.

3. Ayam Cincane

source : resepayambebek.blogspot.com

Salah satu makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini juga ngga boleh dilewatkan, apakah itu?, yaitu ayam cincane. Makanan khas ini namanya memang unik tapi bukan namanya saja yang unik, tapi juga rasanya.

Baca juga: 16 Makanan Khas dari Maluku yang Harus Kamu Cicipi

Ayam cicane ini biasanya disajikan di acara-acara seperti; pernikahan, khitan, menjamu tamu besar, dan banyak lagi. Ayam yang hampir mirip dengan ayam balado ini mempunyai ciri khas warna merah dan rasa yang penuh bumbu rempah-rempah yang meresap.

4. Cake Bingka Barandam

source : cookpad.com

Cake khas Kalimantan selatan yang enak ini juga ngga boleh ketinggalan lho, yaitu Bingka Barandam. Cake manis khas Banjar ini ngga terlalu sulit untuk dibikin. Kamu hanya butuh bahan-bahannya seperti; tepung, telur, gula dan kayu manis.

Dengan empat bahan-bahan ini kamu sudah bisa merasakan enaknya bingka barandam. Cake ini biasanya digunakan warga Banjar untuk menjamu tamu, ” apalagi kalau tamunya dari luar kota, pastinya satu gigitan pengen nambah lagi, wkwkwk “.

5. Nasi Bekepor

source : wisataku.id

” Hayooo ngaku!, siapa yang pengen merasakan makanan Khas Raja Kalimantan? “, salah satu makanan khas yang difavoritkan raja-raja di kalimantan salah satunya adalah nasi bekepor. Makanan khas ini rasanya hampir mirip dengan nasi liwet yang penuh rasa dengan santan.

Kalau nasi liwet dimakan dengan ayam goreng, sedangkan nasi bekepor ini dimakan dengan daging masak hangus yang rasanya ngga kalah enak.

 

Sekian dulu.

Yakin Ngga Mau Komen?