16 Makanan Khas dari Maluku yang Harus Kamu Cicipi

Makanan Khas Maluku – Merupakan suatu wilayah indonesia yang disekelilingnya wilayah perairan. Begitu juga makanan khas maluku yang dapat menggugah selera.

Berdasarkan letak geografisnya, kebanyakan makanan khas dari Maluku berbahan dasar ikan. Selain itu, masyarakat Maluku makanan pokoknya bukanlah nasi seperti kita yang berada di wilayah barat.

Kebanyakan masyarakat Maluku menjadikan sagu sebagai makanan pokok. Jika kamu punya kesempatan untuk singgah di  Maluku, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya yang terbuat dari ikan dan sagu.

1. Sagu Woku Komo-Komo

Sagu Woku Komo-Komo
image source: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas yang satu ini terbuat dari sagu, yaitu sagu woku komo-komo. Makanan yang biasanya digunakan masyarakat Maluku ini sering dijadikan lauk, terbuat dari sagu yang direndam dengan air dingin dan santan kelapa cair untuk setelahnya dibungkus denagn daun woka.

Terakhir, bukngusan tadi dipanggang sampai daun woka tersebut benar-benar kering, dan sudah siap untuk disantap.

2. Kue Bagea / Kue Sagu

Kue Bagea / Kue Sagu
image source: donasdelight.com

Maluku Barat Daya mempunyai makanan khas yang bertekstur gurih dan renyah, berbentuk bulat dengan retak-retakan yang kecil di permukaannya.

Kue bagea ini terbuat dari bahan baku sagu, termasuk makanan pokok masyarakat maluku. Selain sagu, bahan-bahan yang lainnya yaitu kacang-kacangan dan kayu manis.

Kue sejenis kue bagea yang terkenal adalah kue bagea kacang kenari. Sama dengan namanya, kue ini berbahan dasar sagu dan campuran kacang kenari. Kebanyakan orang memakan kue ini bersama teh atau kopi hangat dipagi dan sore hari.

Selain kue bagea kacang kenari ternyata ada jenis yang lainnya, yaitu bagea gula dan bagea kelapa. Ketiganya enak semua dan kamu juga harus mencicipinya.

3. Lapis Palaro

Lapis Palaro
image source: tempatwisataindonesia.id

Lapis palaro merupakan makanan tradisional dari maluku, makanan khas ini bukanlah kudapan yang berbentuk kue. Makanan khas ini terbuat dari daging sapi dan dicampur dengan bumbu rempah.

Jika kamu ingin buat caranya cukup mudah. Kamu memerlukan bahan gula pasir, garam, daging sapi (diiris tipis), air, tepung maizena, bawang merah dan bawang putih, ketumbar, jinten, cengkeh, kencur, pala’, jahe, cabai merah.

Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, pala’, jinten, cabai merah, ketumbar, jinten, dan cengkeh. Daging sapi digoreng dahulu sampai matang kecoklatan.

Air bekas rebusan daging dimasak hingga mendidih dicampur bersama larutan tepung maizena. Aduk sampai meletup.

Sajikan daging sapi tadi dengan saus dari tepung maizena tersebut.

4. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda
image source: tempatwisataindonesia.id

Makanan makanan khas maluku yang berasal dari kepulauan Banda telah terkenal sebab kelezatannya yang menggugah selera sejak abad yang lalu.

Selain itu, ikan kuah pala banda ini dulunya banyak dikenal orang sebagai makanan para petinggi belanda yang datang ke indonesia.

5. Nasi Lapola

Nasi Lapola
image source: tempatwisataindonesia.id

Kebanyakan orang mengetahui bahwa makanan pokok masyarakat Maluku adalah sagu, ternyata ada juga makanan yang berbahan baku beras.

Nasi lapola terbuat dari beras yang dimasak dengan api kecil hingga setengeh matang, lalu dicampur kacang tolo yang telah direbus, garam, dan garam.

Terakhir, semua campuran tersebut dikukus sampai matang dan sudayh siap untuk dihidangkan.

6. Gatang Kenari

Gatang Kenari
image source: makanantradisional8899.bogspot.com

Gatang kenari adalah sajian kuliner khas maluku yang berbahan dasar kepiting kenari. Kepiting ini dianggap hebat, karena dapat memetik dan mengupas buah kelapa.

Kepiting berbakat ini sering dijadikan masakan kuliner oleh masyarakat Maluku karena rasanya yang begitu lezat.

Cara membuatnya mudah, kamu bisa menemukannya lewat pencarian google.

7. Acar Kuning

Acar Kuning
image source: smileambon.com

Acar yaitu makanan yang dibuat dari macam-macam jenis sayuran seperti wortel, timun, dan bawang rendaman kuah asam. Sama seperti Maluku, mempunyai acar yang bahan utamanya rebung namanya acar kuning.

Acar ini berbahan rebung, mentimun, nanas, kecipir muda, cabai merah, bawang merah, dan daun salam. Semua bahan tersebut ditumis dan jadilah acar kuning untuk dimakan dengan makanan khas Maluku lainnya.

8. Halua Kenari

Halua Kenari
image source: onweekend.co

Halua kenari merupakan makanan khas masyarakat Maluku Utara, terbuat dari kenari kemudian dicampur gula merah. Teksturnya yang legit dan rasa manis.

Makanan khas ini mempunyai gizi yang baik dan merupakan sumber protein. Selain itu, ada sebuah pendapat dari suatu penelitian bahwa halua kenari ini dapat menurunkan resiko kanker payudara.

Tak disangka makanan ini enak dan juga menyehatkan.

9. Nasi Kalapa

Nasi Kalapa
image source: tempatwisataindonesia.id

Maluku mempunyai nasi uduk khas yang dibuat dengan santan. Rasanya sama seperti nasi uduk yang biasa kita makan, cara pembuatannya saja yang berbeda.

Nasi kalapa disajikan bersama sambal dan serundeng yang pedas atau biasa disebut dengan sambal kalapa.

10. Sayur lilin

Sayur lilin
image source: KSMTour.com

Sayur ini tidaklah terbuat dari lilin, itu hanya penyebutannya saja. Sayur lilin terbuat dari terubuk (tebu telur) yang telah dipotong-potong, lalu dicampur dengan bumbu santan untuk kuah.

Baca juga: 5 Makanan Khas Kalimantan yang Harus Kamu Coba

Enaknya jika sayur ini dimakan pada waktu masih hangat dan ditambah papeda.

11. Sirsir

Sirsir
image source: tempatwisataindonesia.id

Terbuat dari tumisan buah pepaya dan singkong lalu dicampur dengan santan. Sering dijadikan sebagai lauk dari ikan asar dan embal, dan rasanya agak pahit.

Karena namanya unik, sampai-sampai masyarakat Kei membuat lagu tentang sirsir.

12. Pisang Asar

Pisang Asar
image source: senadunglautbiru.blogspot.com

Pisang ini diolah dengan cara dipanggang atau masyarakat Malukunya diasar dalam oven, jenis pisang yang digunakan hanya pisang raja.

Biasanya pisang asar ini dijadikan cemilan yang diminum bersama segelas kopi atau teh dipagi dan sore hari.

13. Gogos Ikan

Gogos Ikan
image source: smartypans.blogspot.com

Tampialn atau bentuknya menyerupai lemper, dan isinya daging ayam yang disuwir, ikan, cacahan tempe, abon.

Jika lemper diolah dengan cara dikukus, sedangkan gogos ikan diolah dengan cara dibakar.

14. Sagu Tumbu

Sagu Tumbu
image source: malukutrade.com

Maluku mempunyai jajanan khas yang salah satunya adalah sagu tumbu, masyarakatnya lebih mengenalnya dengan nama paumido.

15. Sanole

Sanole
image source: phinemo.com

Dibuat dari tepung sagu dan kelapa yang isinya sanole, gula aren sehingga rasanya yang manis dan gurih.

Jika dilihat mirip dengan roti dadar gulung yang warnanya putih kecoklatan dan lelehan gula merah yang menggugah selera. Sanole biasa disebut sebagai karu-karu.

16. Sambal Colo-Colo

 Sambal Colo-Colo
image source: rancahpost.com

Sambal colo adalah sambal khas yang terkenal karena tingkat pedasnya. Masyarakat Maluku menyebut sambal ini sebagai sajian yang wajib.

Berbahan cabe rawit, bawang merah, tomat muda lalu ditumis dan ditaburi garam kemudian disiram dengan perasan jeruk nipis.

Sambal ini tanpa diulek, juga bisa ditambahkan dengan kemangi, potongan kenari mentah, dan rarobang atau biasanya kecap manis.

Sekian dulu, sampai jumpa.

Yakin Ngga Mau Komen?