5 Manfaat Kopi Hitam yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Siapa sih yang tak kenal dengan kopi? Kopi hitam merupakan salah satu minuman yang bnayak digemari oleh masyarakat indonesia. Indonesia juga memiliki berbagai jenis dan variasi kopi yang tergantung dari daerahnya masing-masing.

Kopi sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan kafeinnya. Tetapi, perlu dingat lagi bahwa kafein yang masuk ke dalam tubuh secukupnya saja supaya stamina dan energi bertambah.

Kebanyakan orang mengenal minuman ini sebagai tombo ngantuk. Namun, banyak lagi manfaat kopi hitam ini. Apasaja itu? Berikut manfaat kopi hitam baik untuk pria maupun wanita.

Manfaat Kopi Hitam

Kopi hitam mempunyai manfaat banyak. Seperti mengatasi diabetes, depresi dan lain-lain. Manfaat kopi hitam dalam artikel ini sudah terjamin karena sudah terbukti.

1. Dapat Meningkatkan Daya Ingat Seseorang

Dapat Meningkatkan Daya Ingat Seseorang
source : www.dictio.id

Semakin seseorang bertambah usia maka semakin pula daya ingatnya. Untuk menghindari hal seperti ini agar tidak terjadi pada kita, maka rajinlah mengkonsumsi kopi hitam. Karena kopi hitam ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

baca juga: 5 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak cocok untuk orang dewasa saja, namun anak-anak dalam masa pertumbuhan usia juga boleh untuk mengkonsumsi kopi hitam ini. Namun, tetaplah selalu ingat untuk tidak mengonsumsi kopi hitam secara berlebihan.

2. Depresi

Depresi
Image source: hi-jak.com

Salah satu manfaat kopi hitam adalah menenangkan pikiran seseorang yang lagi kacau menjadi tenang dan mencegah terjadinya depresi.

Kebanyakan depresi terjadi karena suatu harapan tak berjalan sesuai dengan kenyataan. Lama atau sebentarnya depresi tertgantung dengan daya tahan si individu.

3. Sakit Kepala

Sakit Kepala
Image source: gentlemancode.id

Pasti kamu tak percaya dengan hal ini. Namun kamu harus percaya, karena salah satu dari manfat kopi hitam yaitu dapat menghilangkan rasa sakit kepala. Kopi hitam bisa menenangkan pikiran secara aman.

Baca juga;7 Resep Gado-Gado yang Harus Kamu Coba

Perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang berlebihan, konsumsilah kopi hitam seperlunya dan secukupnya saja.

4. Kanker Kulit

Kanker Kulit
Image source: catatanmini.com

Tahukah kamu bahwa kopi hitam bisa digunakan untuk menghindari terjadinya kanker kulit? Jawabannya iya, jika kamu masih ragu berikut penjelasannnya.

Orang yang kesehariannya minum kopi mempunyai resiko 20% lebih rendah terkena kanker kulit. Penyakit semacam ini bernama kanker kulit melanoma, yaitu jenis kanker yang berkembang pada melanosit (sel pigmen kulit) y7ang bermanfaat sebagai sumber melanin) jika dibandingkan dengan bukan peminum kopi. Bukan juga setiap harinya harus meminum kopi untuk menghindari kanker kulit.

Kopi mengandung kafein yang bermanfaat untuk bantu menekan sel-sel dalam tubuh kita yang berpotensi jadi kanker jika saat terkena sinar matahari.

Selain itu, kopi juga mengandung zat yang berfungsi untuk mencegah stres oksidatif pada kulit. Stres tersebut dapat terjadi jika terlalu banyak terkena sinar UV, dampaknya seperti muncul bintik-bintik, kulit jadi memerah, bintik berwarna hitam, terbakar, dan penuaan dini.

5. Diet

Diet
Image source: health.harvard.edu

Ternyata kopi hitam juga bagus untuk kamu yang ingin diet. Salah satu impian wanita yaitu memilikiberat badan yang ideal.

Berat badan ideal dapat membuat seseorang lebih percaya diri dalam kehidupan sehari-harinya. Maka dari itu, tak usah beli obat-obatan segala, kamu cukup mengkonsumsi kopi hitam saja karena dapat membantu kamu dalam menrunkan berat badan.

Sekian dulu, sampai jumpa.

Yakin Ngga Mau Komen?