10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat dan Alami

Menurunkan berat badan tidak terlepas dari kata diet, memang untuk menurunkan berat badan kita harus melalui proses diet. Tapi, pembahasan diet kali ini tidak perlu soal diet berlebihan yang tidak makan sama sekali karena ingin menurunkan barat badan.

Diet dengan perubahan pola makan yang drastis apalagi kalau tidak makan sama sekali, hal tersebut tak perlu dilakukan karena beresiko terhadap kesehatan. Langsung saja berikut 10 cara menurunkan berat badan secara alami dan aman.

1. Aktif Bergerak

image source: beritagar.id

Apakah kamu termasuk orang yang mager (malas gerak), sebaiknya diubah kebiasaan tersebut. Jika kamu malas gerak, sudah pasti tidak ada energi yang dikeluarkan dalam tubuh. Untuk menjadi seseorang yang aktif dalam bergerak itu caranya mudah lho.

Contohnya berjalan kaki, jika kamu memiliki kebiasaan kemana-mana menggunakan motor, maka biasakanlah hal tersebut dengan berjalan kaki kemanapun.

Jangan hanya duduk diam di depan komputer atau hanya tidur-tiduran sambil main gadjet. Tinggalkanlah kebiasan buruk dan mulailah melakukan hal-hal yang dilihat remeh seperti lari setiap pagi sehingga kaki tersebut bergerak.

“Jika setelah lari pagi, pulangnya jalan kaki juga ya, jangan nebeng orang agar berat badanmu berkurang”.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat

image source: travel.tribunnews.com

Makanan yang biasanya mengandung banyak serat adalah kacang polong, beras merah, kubis, pepaya, jagung, pisang, pir, brokoli, dan alpukat.

Manfaat makanan yang kaya akan serat antara lain :

  • Menghindari endapan lemak pada pembuluh darah
  • Membantu membersihkan saluran pencernaan
  • Dapat mengendalikan gula darah
  • Mencegah dari penyakit usus besar
  • Menurunkan berat badan
  • Penyerapan glukosa bisa melambat
  • Membantu bersihkan saluran pencernaan
  • Dapat menurunkan kolestrol tinggi

3. Mengkonsumsi Sayur dan Buah

image source: www.medicalnewstoday.com

Pada waktu makan, usahakan selalu mengkonumsi sayuran dan buah-buahan. Usahakan mengkonsumsi lima porsi disetiap harinya, baik itu sayuran segar, maupun sayuran dalam kaleng.

Sayuran dan buahan mengandung nutrisi tinggi dan menimpan sedikit energi (low energi density). Makanan yang menyimpan sdikit energi biasanya memiliki kalori yang lebih rendah.

Jika kamu memakan sayuran dan buahan secara rutin maka akan mendapatkan manfaat kesehatan, yaitu mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

4. Kurangi konsumsi Garam

image source: www.wartanasional.com

Jika kamu menggemari makanan yang bersifat gurih, maka dari saat ini kamu harus menguranginya.

Mengurangi konsumsi garam ialah salah satu cara menurunkan berat badan secara aman dan alami yang terkernal manjur. kenapa ya ? Garam mengandung sodium, maka jika kamu mengkonsumsinya secar berlebihan akan membuat tubuh jadi kesulitan untuk memproses metabolisme lemak.

Tentunya kamu tidak ingin perut dan pipi kamu terus mengembungkan?.

Maka biasakanlah dirimu mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buahan, ayam, atau telur yang dimasak tanpa menggunakan garam.

Apabila tetap ingin mendapatkan rasa crunchy pada makanan, kamu bisa pakai garam air laut asli karena mengandung lebih sedikit sodium daripada seperti biasanya. Bisa juga ditambahkan cottage cheeIse ke dalam telur dadar.

Dengan mengurangi konsumsi garam, tekanan darah kamu juga akan terkontrol.

5. Rutin Minum Air Putih

image source: tokopuas.com

Banyak para ahli yang memberikan saran untuk menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi, kuncinya yaitu rutin minum air putih. Jason berkata, orang menganggap haus itu sebagai rasa lapar. “Kebanyakan orang pasti merasakan rasa haus”.

Pada tahun 2016, ada studi yang melibatkan 18.000 people di Amerika Serikat mengemukakan bahwa mereka yang rutin minum secara konsisten lebih merasa puas. Selain itu, mereka juga mengkonsumsi lebih sedikit kalori, kolestrol, garam, dan gula daripada yang seperti biasanya.

Tetapi, kamu perlu waspada terhadap apa yang diminum. Yang harus dihindari adalah air yang mengandung lebih banyak gula.

Jika kamu bosan dengan air putih yang biasa kamu minum itu ngga ada rasanya, caranya mudah kok yaitu kamu bisa menambahkan potongan buah-buahan seperti lemon.

6. Sarapan dan Makan Siang Teratur

image source: www.blesk.cz

Orang yang pengen diet kebanyakan menyalahkan makanan karena dianggap sebagai ulasan utama penambah berat badan, sehingga orang merasa biasa saja saat melewatkan waktu sarapan atau makan siang.

Padahal, Mayo Clinic pernah membuktikan bahwa orang yang melewatkan waktu makannya dapat menambah berat badan sampai 3,6 kg/tahun.

Jason pernah mengatakan, sarapan tak mesti dalam porsi yang besar, tapi cukup untuk membantu untuk mencegah makan secara spontan/impulsif dan cenderung mengkonsumsi makananan yang tinggi gula dan berlemak.

Saat perut merasa lapar, pada waktu itu kita akan makan apa yang dilihat dan paling mudah dimakan.

7. Mengkonsumsi Cemilan Sehat

image source: beauty.popbela.com

Disela-sela waktu antara sarapan, makan siang, atau makan malam. kamu bisa menyelipkan makanan ringan atau cemilan supaya tetap dapat beraktivitas dengan tanpa merasa lapar. Biar begini, jenis pilihan cemilan juga harus diperhatikan.

Ewoldt juga menyarankan untuk memilih cemilan yang tak terlalu berat atau yang tidak terlalu banyak mengandung gula dan karbohidrat. Dengan cara seperti itu maka perut akan selalu kenyang.

Kamu dapat mengkonsumsi cemilan yang sehat seperti pisang atau buah-buahan lainnya. Kacang-kacangan bisa juga jadi pilihan yang baik karena protein sehat yang dikandungnya.

8. Sekali-kali Menyanangkan Diri Sendiri

image source: time.com

Menurunkan berat badan salah satunya yaitu dengan cara diet, diet memang menuntut seseorang untuk mengurangi, bahkan sampai menjauhi jenis-jenis makanan tertentu karena dianggap menggemukkan badan.

Tetapi ada satu hal yang harus diingat, pakar diet dan para ahli setuju bahwa ‘mengharamkan’ makanan tertentu akan membuat diet jadi gagal.

Jasom mengatakan, sekali-kali kamu boleh mengkonsumsi makanan yang dianggap menaikkan berat badan. Seperti coklat, wine, atau kue bisa sekali-kali dikonsumsi untuk hadiah buat diri sendiri karena udah berusaha menjalani hidup sehat.

9. Rutin Berpuasa

image source: www.shopback.co.id

Puasa yang dilakukan secara rutin dapat membantu kamu menurunkunkan berat badan lho.

Secara tidak sadar, kamu telah membatasi makanan dan asupan kalori dalam jangka waktu tertentu. Namun terdapat beberapa ahli yang merekomendasikan bahwa berpuasa adalah salah satu cara menurunkan berat badan.

Tetapi, ada juga yang perlu kamu hati-hati jika memiliki penyakit diabetes atau lambung, atau meminum obat-obatan tertentu sebelum melaksanakan berpuasa untuk menurunkan berat badan.

Jika ingin mendapatkan hasil terbaik, maka kamu harus menerapkan kegiatan untuk menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami dan rutin.

Jangan sampai berat badanmu menurun drastis, karena kondisi kesehatan bisa terganggu. Diet terbaik yaitu diet yang dilakukan secara bertahap dan seimbang (rutin).

Jika kamu mendapatkan kesulitan dalam menurunkan berat badan atau mengalami gangguan kesehatan, ada baiknya konsultasi ke dokter untuk memperoleh saran diet yang baik dan sesuai dengan kesehatan kamu.

10. Tidur yang Cukup

image source: medicalxpress.com

Pada waktu tidur, tubuh kamu mengeluarkan hormon kortisol dengan jumalah banyak. Hormon ini dapat membantu dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Jika kamu kurang tidur, maka bisa menyebabkan penaikkan berat badan secara signifkan. Selain itu, tidur yang cukup juga bisa membuat kamu lebih bersemangat dalam olahraga pagi dan sore hari.

 

Sekian dulu, sampai jumpa.

Yakin Ngga Mau Komen?