Surat Keterangan Belum Menikah

Surat Keterangan Belum Menikah – Ketika melamar pekerjaan dan sebagai warga negara Indonesia, tentu harus memenuhi beberapa syarat yang telah diberikan khusus bagi seorang pelamar. Kamu pastinya juga mengerti salah satu ciri khas negara Indonesia adalah birokrasinya yang bisa dikatakan cukup panjang.

Walaupun sering dikatakan seperti itu, namun birokrasi pada pemerintahan Indonesia sekarang ini cukup baik. Juga banyak keperluan pengurusan surat yang sebelumnya dilakukan dalam jangka waktu lama sekarang bisa diakukan dengan waktu singkat.

Salah satunya yaitu contoh surat keterangan belum menikah. Pada zaman birokrasi seperti sekarang ini, pencetakan surat keterangan belum menikah sangatlah mudah. Penasaran bagaimana caranya? Namun alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian surat keterangan belum menikah.

Baca JugaContoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Sehat [Bisa Dicopas]

Pengertian Surat Keterangan Belum Menikah

Sesuai dengan pembahasan kali ini, surat keterangan belum menikah merupakan surat resmi yang diresmikan dan dikeluarkan pada pejabat kelurahan yang mencamtumkan bahwa pencetaknya adalah orang lajang, yaitu orang yang belum menikah.

Harus dibedakan bahwa surat keterangan ini adalah salah satu surat yang berbeda dengan surat keterangan tidak sanggup menikah. Karena surat keterangan tidak sanggup menikah tercatat bahwa si pembuat surat berjanji atau mengabdi diri untuk tidak menikah karena alasan tertentu.

Kebanyakan kedua surat ini dicetak dengan tujuan tertentu seperti untuk melamar suatu pekerjaan, terutama surat keterangan tidak sanggup menikah. Umumnya surat keterangan belum menikah memiliki maksud dan tujuan yang lebih luas, seperti untuk perjanjian atau persyaratan pembuatan buku serta akte bikah di KUA.

Perlu dingatkan kembali bahwa pada awal pembuatan surat keterangan belum menikah bisa diproses di disdukcapil. Tapi sekarang keseluruhan sudah diberlakukan dimana kamu bisa membuat surat tersebut di kelurahan.

Dengan catatan, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah datang ke tempat ketua RT di domisili rumahmu, lalu menjumpai ketua RW dan terkahir kamu bisa langsung datang ke kantor kelurahan yang jaraknya dekat dengan rumah kamu.

Cara Membuat Surat keterangan Belum Menikah

Karena merupalan surat yang sering dibuat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, seperti kaitannya dengan masalah kependudukan. Maka kamu disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat surat belum menikah ini.

Agar bisa memperoleh surat keterangan belum menikah, berikut adalah beberapa langkah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

  1. Persiapkan dulu beberapa persyaratan dokumen seperti Kartu keluarga [KK] asli dan difotokopi sebanyak 5 lembar untuk berjaga-jaga, KTP yang kamu miliki dan fotokopi sebanyak 5 lembar untuk berjaga-jaga, dan Fotokopi KTP kedua orang tua kamu sejumlah 5 lembar juga untuk berjaga-jaga.
  2. Datang ke rumah Ketua RT yang dekat dengan dengan kamu dan sampaikan tujuanmu membuat surat keterangan belum menikah. Lalu kamu harus memenuhi persyaratan yang diberikan oleh Ketua RT.
  3. Kemudian kamu akan mendapatkan formulir kosong dari Ketua RT, isilah formulir yang diberi tadi sesuai dengan data yang terdapat dalam KTP dan KK seperti dengan yang kamu berikan tadi.
  4. Jika sudah, berikan pada Ketua RT untuk diberi tandatangan.
  5. Selanjutnya kamu bisa langsung menjumpai ketua RW di rumah dekat tempat tinggalmu, lalu minta tandatangan pada formulir yang telah kamu isi tadi.
  6. Selanjutnya kamu langsung saja datang ke tempat kelurahan dan langsung serahkan semua berkas atau formulir yang sudah kamu siapkan sebelumnya.
  7. Pada umumnya petugas loket akan langsung membuatkan surat keterangan belum menikah sesuai dengan yang kamu inginkan dan sesuai dengan kegunaannya.
  • Langkah yang ketujuh ini tergantung dengan reformasi birokrasi dari kelurahan tempat tinggal kamu.
  • Penulis juga pernah mengurus surat seperti ini, dan hanya memerlukan waktu 10 hingga 15 menit saja dalam kantor kelurahan.
  • Perlu diingat! Jangan pernah membayar dengan apapun pada petugas yang sedang bertugas. Karena jika kamu memberikannya, maka kamu termasuk sebagai orang yang mendukung praktik group yang terdapat dalam negara Indonesia. Jangan ya!
  • Terakhir selesai!

Pengambilan Surat Keterangan Belum Menikah

Terakhir kamu bisa langsung mengambil surat keterangan belum menikah tadi, biasanya di dalam surat tersebut terdapat syarat kegunaannya. Sebagai contoh kamu ingin melamar suatu pekerjaan, maka pihak kelurahan akan mencantumkan keterangan “Untuk Melamar Pekerjaan” dalam surat yang telah dibuat.

Kemudian jangan lupa untuk fotokopi surat keterangan yang telah dibuat tersebut. Untuk amannya atau berjaga-jaga, kamu bisa fotokopi sebanyak 3 hingga 5 lembar. Juga jangan lupa meminta kembali tanda tangan pada pihak kelurahan sebagai bukti legalisir surat.

Jangan disepelekan! Fotokopi surat ini sangat penting, karena surat ini sering digunakan lebih dari satu kali. Jika kamu lupa memfotokopi surat keterangan ini, maka kamu harus membuatnya lagi dari awal. Maka dari itu, jangan sampai lupa ya.

Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Pada umumnya tidak ada format baku yang mengatur contoh surat keterangan belum menikah yang ada. Terlebih lagi peruntukan dari surat keterangan ini yang kebanyakan tidak memiliki aturan baku.

Namun setidaknya surat keterangan ini merupakan surat resmi yang memerlukan pengesahan. Terdapat juga beberapa format keterangannya yang sering dijumpai seperti:

  1. Kop surat kelurahan.
  2. Nomor surat resmi.
  3. Keterangan bahwa kelurahan kamu memberikan keterangan.
  4. Identitas lengkapmu salah satunya nomor NIK.
  5. Keterangan peruntukan surat yang dibuat.
  6. Tanggal surat, nama, tanda tangan, dan NIP lurah yang mengesahkan suratmu.

Kebanyakan begitulah format dari surat keterangan belum menikah. Berikut beberapa contoh surat keterangan belum menikah yang akan kamu dapatkan  natinya.

 

Yakin Ngga Mau Komen?